get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Hindari Terlalu Banyak Minum Kopi Agar Terhindar Dari Sakit Kepala

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:17 WIB
header img
Minum kopi bisa menyebabkan sakit kepala (Foto: Timesofindia)

Pada dasarnya, minuman kopi tanpa krim dan gula merupakan asupan kesehatan tubuh. Minuman berkafein ini memiliki manfaat untuk kesehatan organ hati, mengurangi depresi dan dapat meningkatkan konsentrasi.

Tetapi. jika minum kafein secara berlebihan justru menghilangkan manfaatnya. Hal ini dapat memicu sakit kepala karna minum kafein secara berlebihan.

Penyebab Sakit Kepala Akibat Minum Kopi

Dalam medis, sakit kepala akibat kopi dikenal dengan istilah caffeine headache. Kafein adalah kandungan utama dalam kopi dan merupakan zat berjenis psikoaktif. Artinya, zat tersebut menstimulasi aktivitas otak sehingga orang yang mengonsumsinya bisa berkonsentrasi dengan baik dan tak cepat lelah.

Namun, jika kafein dikonsumsi dalam jumlah yang banyak secara terus-menerus, tubuh Anda akan terbiasa dengan kafein.

Dengan kata lain, tubuh seperti mengalami kecanduan terhadap kafein. Tubuh Anda bahkan bisa merasa "terganggu” jika tak mendapat asupan kafein sebanyak biasanya.

Oleh sebab itu, para penggemar kopi yang tak mengonsumsi minuman tersebut dalam porsi rutinnya sering merasa lemas dan sakit kepala.

Keluhan muncul karena kafein menyebabkan pembuluh darah di otak cenderung menyempit. Pembuluh darah tersebut akan melebar secara mendadak jika tak mendapat kafein seperti biasanya. Perubahan aliran darah di otak yang tiba-tiba itulah yang menyebabkan ketidaknyaman dan sakit kepala.

Meski begitu, kafein sebenarnya juga dapat digunakan secara medis untuk membantu meringankan beberapa jenis sakit kepala, seperti migrain. Keluhan biasanya akan berkurang dengan konsumsi kafein yang terdapat pada obat, teh, atau kopi.

Cara Mencegah Sakit Kepala Akibat Kafein

Anda mungkin ingin terhindar dari sakit kepala akibat kafein, tapi tak ingin berhenti mengonsumsi kopi. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut cara menghilangkan sakit kepala karena kecanduan kopi:

1. Batasi Jumlah Kopi

Minum kopi setiap hari boleh-boleh saja, asal porsinya tak terlalu banyak. Secara medis, seseorang sebaiknya tak mengonsumsi kafein lebih dari 250 miligram dalam sehari. Jumlah ini setara dengan 720 mililiter alias 2‒3 cangkir kopi kopi

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut