get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Hindari Terlalu Banyak Minum Kopi Agar Terhindar Dari Sakit Kepala

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:17 WIB
header img
Minum kopi bisa menyebabkan sakit kepala (Foto: Timesofindia)

2. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Dehidrasi alias kekurangan cairan dapat memicu sakit kepala. Oleh karena itu, pastikan untuk meminum air putih setidaknya 1,5‒2 liter setiap hari.

Selain itu, biasakan pula untuk selalu mengonsumsi setidaknya 200 mililiter air putih setiap kali selesai menikmati secangkir kopi. Hal tersebut efektif untuk membantu mencegah sakit kepala akibat kafein.

3. Pertimbangkan Konsumsi Kopi Decaf

Sebagian orang menyukai kopi karena efek kafeinnya yang dapat meningkatkan konsentrasi dan energi. Namun, ada pula orang-orang yang menyukai kopi rasa pahitnya.

Nah, jika Anda termasuk orang yang hanya menyukai rasanya saja, kopi decaf dapat menjadi pilihan yang baik. Kopi decaf memiliki rasa pahit yang sama, dengan kadar kafein lebih rendah. Dengan demikian, sakit kepala akibat kafein bisa dihindari.

4. Minum Kopi pada Jam yang Tepat

Banyak orang suka minum kopi di pagi hari atau saat akan berkerja sebagai mood booster. Hal itu sebenarnya kurang tepat, karena berbagai hormon dan sel tubuh sudah mempersiapkan diri secara alami untuk melakukan aktivitas di pagi hari. 

Dengan kata lain, minum kopi pada waktu tersebut tak memberi banyak manfaat.

Sebaiknya, minum kopi dilakukan di sekitar pukul 10‒11 siang atau 15‒16 sore. Pada waktu tersebut, minuman berkafein dapat berkontribusi membantu mengurangi rasa lelah, sehingga Anda bisa tetap semangat bekerja.

5. Hindari Konsumsi Kopi saat Perut Kosong

Pada beberapa orang, konsumsi kopi saat perut kosong dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Hal tersebut bisa memicu timbulnya gejala sakit kepala, pusing berputar, dan mual hingga muntah.

Untuk itu, bagi Anda yang lambungnya bermasalah, pastikan untuk terlebih dahulu mengonsumsi sedikit makanan atau biskuit sebelum menyeruput kopi.

6. Konsumsi Pereda Nyeri

BIla sakit kepala semakin sering, menetap, dan tidak kunjung hilang, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti parasetamol.

Cobalah juga untuk secara perlahan mengurangi asupan kopi hingga berhenti sepenuhnya. Hal ini bertujuan agar Anda tak terus-menerus mengalami sakit kepala.

Hindari konsumsi kopi berlebihan, agar Anda terhindar dari sakit kepala akibat kafein. Anda hanya ingin merasakan manfaatnya tanpa disertai efek samping yang merugikan kesehatan, bukan?

Namun, jika Anda terlanjur sering mengalami sakit kepala akibat kafein, sebaiknya segera berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut