4 Deretan Manfaat Ampas Kopi bagi Kecantikan, Salah Satunya Pewarna Rambut Alami

Tim Okezone
.
Senin, 05 Desember 2022 | 17:04 WIB
Ilustrasi kopi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai manfaat ampas kopi bagi kecantikan. Kopi tak hanya nikmat dikonsumsi saja, namun kopi memiliki segudang manfaat bagi kecantikan kulit melalui ampasnya.

Mulai dari pupuk tanaman, eksfoliasi kulit, hingga menjadi produk pembersih dan pengusir kutu. Jika sebelumnya Anda sering membuang begitu saja ampas kopi yang tersisa, coba simak beberapa manfaat yang Anda ketahui di bawah ini.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Selain dapat membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa ampas kopi dapat membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Menetralisir Bau

Kafein dalam ampas kopi berkarbonasi dapat membantu untuk menghilangkan bau dengan menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. Maka itu, Anda dapat membuat ampas kopi menjadi sabun untuk menetralisir bau tak sedap di tangan maupun di sepatu.

Bahan Eksfoliasi Kulit

Ampas kopi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi kulit secara alami. Dikarenakan ampas kopi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuka pori-pori, membersihkan kulit, bahkan mengurangi jerawat.

Mengurangi Kantung Bawah Mata

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan kafein dapat membantu mencegah munculnya penuaan, termasuk mengurangi adanya kantung di bawah mata.

Pewarna Rambut Alami

Seperti yang diketahui bahwa kopi itu sendiri memiliki warna yang kuat, sehingga ampas kopi juga dapat digunakan kembali sebagai pewarna alami. Pewarna ini dapat digunakan sebagai pewarna kain tauapun rambut.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini