get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Mahkamah Konstitusi Tolak Seluruh Gugatan Pilpres Anies-Cak Imin

PKB Mau Gabung Koalisi Asal Cak Imim Jadi Capres, PAN: Boleh, Asal Menang

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:30 WIB
header img
Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan, PKB bersedia bergabung ke dalam KIB, dengan syarat dirinya sebagai calon presiden (capres). Foto/Widya/MPI.

NASIONAL, iNews.id - Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan, PKB mau gabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) asalkan dirinya dipilih sebagai calon presiden (capres). PAN menyambut baik pernyataan PKB. Hanya saja soal capres, kubu PAN mengajukan syarat khusus. 

Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, PAN merasa senang dan bergembira jika PKB dapat bergabung di KIB bersama PAN, Golkar, dan PPP. Menurutnya, ada beberapa alasan KIB dapat menerima PKB untuk bergabung.

"Jika PKB bergabung di KIB maka, pertama, warna dan substansi platform KIB untuk visi Indonesia dan pemerintahan Masa Depan akan semakin baik dan komprehensif," kata Viva, Selasa (24/5/2022).

Kedua, Viva melanjutkan, dengan masuknya PKB akan menambah kekuatan politik dalam berkontestasi di Pilpres 2024 karena akan menambah potensi suara. Bagaimanapun, masing-masing partai tentu memiliki basis konstituen yang militan dan ideologis. 

"Sehingga pasangan calon yang akan diusung KIB berpotensi dapat memenangkan pilpres," ujarnya.

Ketiga, kata Wakil Ketua Umum PAN ini, bergabungnya PKB dapat menambah keindahan warna pelangi kebangsaan di KIB karena kekuatan nasionalis-religius KIB semakin terlihat terang dan nyata.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut