get app
inews
Aa Read Next : Dewan Keamanan PBB Merujuk Palestina untuk Jadi Anggota Penuh PBB ke Komite

Saat ini Dunia Lebih Rentan Ketimbang Sebelum Covid-19. Ini Laporan WHO yang Terbaru

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:15 WIB
header img
Pandemi Covid-19 di dunia (Foto: Reuters)

Saat ini dunia berada di “tempat yang lebih buruk” daripada sebelum munculnya Covid-19. Hal ini terkait dengan pandemi di masa depan, kurangnya kemajuan dalam regulasi kesehatan internasional ditambah dengan kesengsaraan ekonomi mungkin.

Hal itu berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang terbaru, 

Panel Independen WHO memberikan penilaian yang diterbitkan minggu ini untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi mengklaim alat respons pandemi komunitas internasional masih tidak memadai.

Mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki alat yang sama dan sistem yang sama yang ada pada Desember 2019 untuk menanggapi ancaman pandemi. 

"Alat itu tidak cukup baik," tandasnya yang ikut menulis laporan tersebut, kepada wartawan.

Menurut Helen, jika ada ancaman pandemi baru tahun ini, tahun depan, atau setidaknya setahun setelahnya, sebagian besar kita akan berada di tempat yang sama, mungkin lebih buruk, mengingat ruang fiskal yang ketat lebih banyak, jika bukan sebagian besar, negara saat ini.

Penulis mengklaim meskipun ada peningkatan dana, proses merumuskan rencana di seluruh dunia untuk menanggapi ancaman kesehatan bergerak terlalu lambat, dengan alasan bahwa para pemimpin perlu berjuang melawan memudarnya minat di negara-negara anggota.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut