get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Fraksi Golkar Minta Pemda Karawang Tingkatkan Infrastruktur di Kampung Boneka

Rabu, 06 April 2022 | 14:44 WIB
header img
Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin saat mendatangi Kampung Boneka. (Foto: iNews Karawang/ist)

Karawang, iNews.id - Potensi ekonomi yang begitu besar di Kampung Boneka di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, kini jadi sorotan Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin.

Menurut Akmaluddin, potensi ekonomi tersebut belum ditunjang dengan penataan infrastruktur yang memadai.

"Seyogyanya pemerintah daerah melakukan penataan infrastruktur yang mendeskripsikan Kampung Boneka. Bahkan akan lebih baik jika Kampung Boneka dijadikan Centra Boneka Kabupaten Karawang,'terang Akmaluddin, Rabu (06/04/2022).
Dikatakan Akmaluddin, sebenarnya pemerintah daerah sudah tahu kalau ada potensi ekonomi yang besar di Kampung Boneka ini. 

Namun sayangnya hingga kini belum terlihat keseriusan pemerintah daerah untuk menunjang peluang potensi ini dengan penataan infrastruktur yang iconik dan bernilai estetik, sehingga dapat mendeskripsikan identitas Kampung Boneka.

Kondisi infrastruktur Kampung Boneka saat ini, kata Akmaluddin terbilang jauh dari nilai estetik. Menurutnya, masih banyak infrastruktur yang membutuhkan perbaikan mulai dari jalan, drainase hingga penataan toko-toko boneka.

Akmaluddin berharap, dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah bisa melirik potensi yang dimiliki Kampung Boneka dengan melakukan pembangunan dan penataan infrastruktur nya. 

Ia menyontohkan, semestinya semua jalan dibuat bagus, drainase nya diperbaiki, dan dibangun gapura di setiap jalan masuk Kampung Boneka dengan desain yang memunculkan identitas Kampung Boneka.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Koperasi Karya Bakti Barokah, Edi Tarmudi mengungkapkan, boneka yang diproduksi anggotanya sudah tersebar ke seluruh penjuru Nusantara.

"Tingginya tingkat produksi juga memberikan banyak lapangan kerja,"ucap Edi.

Edi menyebutkan,  Kampung Boneka tidak hanya sebatas julukan yang diberikan, tapi potensi yang ada dapat dioptimalkan oleh Pemerintah Daerah melalui pembangunan dan penataan infrastruktur. Sehingga kedepan Kampung Boneka tidak hanya memproduksi boneka, tapi juga dapat menjadi tujuan wisata.

Edi juga berharap Kampung Boneka ini jadi objek wisata ekonomi kreatif atau pun menjadi Centra Boneka Karawang. 

"Tentunya hal itu dapat lebih mengoptimalkan potensi ekonomi kerakyatan yang saat ini dimiliki,"ujarnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut