get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Pengolahan Hasil Perikanan di Karawang jadi Rujukan Dispakan Kabupaten Bandung

Jum'at, 03 Mei 2024 | 18:14 WIB
header img
Pengolahan Hasil Perikanan di Karawang jadi Rujukan Dispakan Kabupaten Bandung (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Perikanan (Diskan) Karawang menerima kunjungan kerja dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung, Kamis,(2/5/2024).

Kedatangan Kepala Dispakan Kabupaten Bandung Ina Dewi Kania yang diwakili oleh Kepala Bidang Usaha Perikanan Asep Sukandar beserta jajaran disambut hangat oleh Plt Kadiskan Karawang Udin beserta jajaran di Poklahsar Raosna di Kecamatan Banyusari dan tempat pembuatan badeng di Karawang.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Udin mengatakan bahwa kedatangan jajaran Dispakan Kabupaten Bandung itu untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan hasil perikanan di Karawang.

"Ya Alhamdulillah hari ini kita bisa menjadi bahan percontohan Kabupaten tetangga. Mereka datang untuk belajar dan tukar pikiran dengan tujuan meningkatkan serta mengembangkan hasil pengelolaan perikanan di daerah," Ungkap Udin, Kamis,(2/5/2024).

Senada dengan Udin, Kepala Bidang DSP pada Diskan Karawang Ema Hendaryani merasa sangat bersyukur karena banyak Kabupaten lain yang menjadikan Kabupaten Karawang sebagai salah satu percontohan pengolahan hasil perikanan. Ditambah lagi, kedepannya ada hasil olahan perikanan Karawang ada yang akan di Ekspor ke Uganda dan Afrika.

"Bersyukur kita masih dipercaya dan masih jadi percontohan Kabupaten lain. Dan kedepannya, kita akan terus berupaya memaksimalkan dan terus meningkatkan, baik kualitas maupun kuantitas dari pengolahan hasil perikanan di Karawang," Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Perikanan pada Dispakan Kabupaten Bandung Asep Sukandar mengatakan jika Kunjungannya kali ini ke Karawang ini dalam rangka meningkatkan kelembagaan kelompok pengolah, pemasar dan produksi pemindangan di Kabupaten Bandung.

Dan setelah melihat langsung ke Poklahsar Raosna di Kecamatan Banyusari dan tempat pembuatan badeng di Karawang, Ia mengaku salut dengan pengolahan hasil perikanan di Karawang.

"Patut ditiru oleh Kabupaten lain karena baru saya lihat disini ada inovasi pindang dalam kemasan kaleng," Ujar Asep.

Kemudian, dari hasil kunjungan ini Ia berharap Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bandung bisa bersinergi dalam mengembangkan hasil perikanan di Daerah.

"Diharapkan menjadi ajang diskusi terkait pengembangan dan sharing tengang produk perikanan. Mengingat, di Karawang ini sudah melakukan ekspor keluar negeri dan patut dicontoh oleh Kabupaten lain juga," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut