Logo Network
Network

Dinas Perikanan Pesta Ikan di Momen Harkanas 2023, Dimeriahkan Lomba dan Sosialisasi

Iqbal Maulana Bahtiar
.
Kamis, 30 November 2023 | 15:17 WIB
Dinas Perikanan Pesta Ikan di Momen Harkanas 2023, Dimeriahkan Lomba dan Sosialisasi
Dinas Perikanan Pesta Ikan di Momen Harkanas 2023, Dimeriahkan Lomba dan Sosialisasi (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) untuk mencegah stunting di halaman Kantor Dinas Perikanan Karawang, Kamis,(30/11/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Karawang Aep Syaepuloh, jajaran Forkopimda di lingkungan Kabupaten Karawang dan juga para pemilik gudang beku serta kelompok pengolah ikan binaan Diskan Karawang.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengapresiasi Dinas Perikanan karena telah mendorong penekanan angka stunting dengan Gemarikan.

Lebih lanjut, kata Aep, persoalan stunting bukan hanya menjadi fokus DPPKB dan Dinas Kesehatan saja, melainkan seluruh OPD harus saling berkolaborasi demi menekan angka stunting di Karawang.

"saya harap jangan hanya seremonial saja. Harus ada dampak dan tindaklanjuti dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh opd agar terasa manfaatnya bagi masyarakat," ungkap Aep, Kamis,(30/11/2023).

"Apalagi ini, soal stunting, itu butuh peras bersama dan bukan hanya tugas dari DPPKB dan Dinas Kesehatan saja, melainkan semua opd di Karawang harus ikut serta dalam upaya menekan angka stunting di Kabupaten Karawang," imbuhnya.

Selain itu, Ia juga menegaskan jika setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap opd harus memiliki dampak dan ada tindak lanjut. Sebab, menurutnya jika hanya sebatas seremonial dan tanpa ada tindak lanjut itu hanya akan menghamburkan amggaran saja.

 

"Jangan sampai kita hadir tapi tidak memberikan dampak apapun terhadap masyarakat. Sebab, Hari ini kita mengeluarkan biaya, jangan sampai apa yang telah kita keluarkan tidak jadi manfaat dan hanya jadi sebatas seremonial saja," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Ade Sudiana melalui Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk, Ema Hendaryani mengatakan bahwa dalam menyuarakan Gemarikan di masyarakat, pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder.

"Gemarikan ini merupakan salah satu upaya dari Dinas Perikanan dalam menurunkan angka stunting dengan menyuarakan kepada masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan ataupun olahannya. Sebab, protein dan omega 3 yang terkadung dalam ikan cukup baik bilamana dikonsumsi secara rutin," kata Ema, Kamis,(30/11/2023).

Ema juga memaparkan, dari Gemarikan ini bukan hanya sekedar sosialisasi, ada juga beberapa program lanjutan dari Gemarikan yang sinergis dengan penurunan angka stunting, salah satunya memfokuskan Gemarikan dalam lokus stunting.

"Bukan hanya menyasar kepada anak di sekolah, Sesuai dengan SK Bupati tahun 2022. Kita juga menyesuaikan lokus dari Gemarikan ini dari beberapa wilayah Stunting, yaitu di Kecamatan Karawang Barat, Karawang Timur, Ciampel, Klari, Rengasdengklok, Kotabaru, Purwasari. Itu yang kita fokuskan dalam Gemarikan ini," jelas Ema.

Lanjut Ema, untuk kedepan pihaknya akan berupaya menambah kuota siswa dalam Gemarikan agar memperluas dampak kebiasaan makan ikan di Karawang.

"Ini harus dipertahankan. Jadi, bukan hanya 30 siswa saja, kalau bisa tahun depan kita akan menambah kuota siswa dan masyarakat Gemarikan guna pemerataan kebiasaan makan ikan di masyarakat, dengan harapan dapat menekan angka stunting di Kabupaten Karawang," tandasnya.

Dari pantauan, adapun serangkaian kegiatan pada sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) untuk mencegah stunting dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023 yang diselenggarakan Dinas Perikanan ini, yakni lomba menyanyikan Gemarikan dan lomba puisi yang diikuti oleh siswa-siswi Gemarikan dan pemberian materi manfaat mengonsumsi makanan olahan ikan dan ikan segar.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini