get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Dinas Perikanan Karawang Gencar Tingkatkan Kualitas Olahan Ikan, Begini Upayanya

Senin, 26 Februari 2024 | 22:24 WIB
header img
Kepala Bidang Dsp Diskan Karawang, Ema Hendaryani (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang tengah fokus tingkatkan kualitas dan kuantitas olahan hasil perikanan guna memperkuat ketahanan pangan serta menekan angka stunting di Kabupaten Karawang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang DSP pada Diskan Kabupaten Karawang, Ema Hendaryani, Senin,(26/2/2024).

Dikatakan Ema, dalam upaya peningkatan tersebut dirinya bersama tim masih gencar melakukan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Permen KP No 17 tahun 2019.

"Bimtek dilakukan langsung kepada para pengelola hasil perikanan yang ada di Karawang. Kita memparkan bagaima standarisasi pengolahan hasil perikanan yang baik dan benar," Ungkap Ema, Senin,(26/2/2024).

Lanjutnya, selain bimtek ada juga klinik mutu yang berlokasi di Kantor Dinas Perikanan Karawang yang disediakan bagi pengelola olahan perikanan.

"Jadi, pelayanan klinik mutu ini terbuka bebas untuk pengelola olahan perikanan di Karawang. Baik untuk mereka yang ingin berkonsultasi, maupun penertiban hasab ataupun buku panduan mutu pengolahan perikanan, bisa ke klinik mutu," Jelasnya.

Kemudian, Ema juga mengatakan jika saat ini juga pihaknya tengah meningkatkan ketersediaan bahan baku olahan ikan, salah satunya melalui pembangunan cool storage.

"Untuk ketersediaan, kita tengah memaksimalkan tempat penyimpanan ikan. Sebab, bahan baku ikan ini membutuhkan perlakuan khusus. Kita juga berkolaborasi dengan bidang serta pihak lain untuk memaksimalkan ketersediaan bahan baku olahan ikan," katanya.

Tambahnya, dalam waktu dekat ini juga pihaknya akan melaunching galeri perikanan yang akan diperuntukkan sebagai pusat perbelanjaan olahan perikanan di Karawang.

"Ya semoga semua yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut