get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

8 Titik Pendangkalan di Laut Karawang, Nelayan Mengeluh Sulit Melaut

Selasa, 29 Agustus 2023 | 10:42 WIB
header img
Pendangkalan Laut Akibat El Nino Mengganggu Aktivitas Melaut. Upaya Pengerukan Wilayah Dilakukan. (Foto: iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Nelayan Karawang sulit melaut akibat adanya pendangkalan di 8 titik laut sekitar tempat pelelangan ikan (TPI) Karawang. Pendangkalan tersebut disebut dampak dari fenomena El Nino yang terjadi belakangan ini.

Menurut Kepala Bidang Tangkap pada Dinas Perikanan (Diskan) Karawang, Setya Saptana, ada 8 titik laut dekat TPI di Karawang yang alami pendangkalan, yakni di Ciparage, Pasir Putih, Pusakajaya Utara, Muara, Sungaibuntu, Tambaksari, Tanjungpakis dan Sedari.

"Dari pendangkalan itu menyebabkan kapal sulit bersandar dan ada juga kapal yang sulit melaut," ungkap Sapta, Selasa,(29/8/2023)

Ia juga mengatakan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pengerukan di wilayah yang mengalami pendangkalan.

"Sudah, kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan BBWS untuk dilakukan pengerukan," katanya

Sambungnya, 2 dari 8 titik yang mengalami pendangkalan juga sudah dilakukan pengerukan oleh pihak Dinas Pupr Karawang.

"kemari updatenya Ciparage dan Pusakajaya Utara sudah dilakukan pengerukan, untuk sisanya bertahap," katanya

Dari pendangkalan itu sendiri, kata Sapta, tidak berpengaruh terhadap hasil tangkap ikan di laut bagi nelayan di Karawang.

"Tidak terlalu signifikan, karena saat terjadi pendangkalan, kita langsung bergerak untuk menanggulangi pendangkalan tersebut agar nelayan bisa segera melaut kembali," tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut