get app
inews
Aa Read Next : Indeks Pendidikan di Karawang Tak Capai Target, Anggota Komisi IV Minta Bupati Evaluasi Kebijakan

Bola Panas Pencopotan Plt Dirut RSUD Karawang Terus Bergulir, Kini Akademisi Angkat Bicara

Rabu, 05 April 2023 | 16:39 WIB
header img
Erdin Tahir, S.H, M.H, Dosen Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Unsika (Foto: iNewsKarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Persoalan Pengangkatan Plt Direktur RSUD Karawang telah menjadi bola panas yang kian hari terus bergulir ditengah kemurkaan masyarakat. Sikap acuh Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana akhirnya mengundang berbagai kalangan mulai dari aktivis, anggota DPRD, praktisi hukum, lembaga kajian, hingga akademisi angkat bicara.

Menurut Dosen Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang, Erdin Tahir, S.H, M.H, jika mengacu pada Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, pengangkatan Plt dilakukan manakala pejabat defenitif berhalangan tetap dalam menjalankan tugasnya, dalam keadaan itu Bupati berwenang menunjuk Plt untuk menjalankan tugas.

Namun yang harus diperhatikan dalam pengangkatan Plt Dirut RSUD adalah syarat pengangkatan Plt harus dilakukan terhadap PNS yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, misalnya kekosongan jabatan Direktur RSUD Karawang harus diisi oleh Kepala Dinas atau Kepala Badan, baik itu diisi oleh Kepala Dinas Kesehatan Karawang, atau Kadis yang lain. Atau bisa juga diisi oleh setingkat lebih tinggi diatasnya, misalnya diisi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut