Logo Network
Network

13 Deretan Manfaat Lidah Buaya bagi Kecantikan, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Vivin Lizetha , Okezone
.
Rabu, 18 Januari 2023 | 11:07 WIB
13 Deretan Manfaat Lidah Buaya bagi Kecantikan, Salah Satunya Mengatasi Jerawat
Ilustrasi lidah buaya. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat lidah buaya bagi kecantikan. Tahukah Anda tentang lidah buaya? Lidah buaya adalah tumbuh-tumbuhan yang memiliki daging tebal dan berwarna hijau. Daun beserta dagingnya dapat bermanfaat bagi tubuh.

Daging lidah buaya bertekstur kenyal seperti gel, daging inilah yang memiliki kandungan baik bagi rambut serta kulit.

Tak hanya itu, zat antioksidan, enzim, serta vitamin A dan C yang terkandung di dalam lidah bauya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh, kecantikan kulit dan rambut yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Melawan penuaan kulit

Gel lidah buaya mengandung vitamin C dan E, beta-karoten yang melimpah. Maka itu, gel lidah buaya memiliki sifat anti-penuaan. Tanaman ini juga mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Manfaat lainnya juga membantu menghilangkan noda kulit, mengurangi garis usia, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit.

2. Mengatasi jerawat

Lidah buaya dipenuhi dengan sifat antibakteri yang membantu mengurangi jerawat. Ini adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mengatasi jerawat di rumah.

3. Krim untuk kelopak mata

Buat yang suka begadang, pasti akan muncul lingkaran hitam dan itu tidak dapat dihindari. Karenanya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya dengan vitamin e dan itu akan membantu mengurangi lingkaran hitam secara nyata sambil juga mengatasi kantung mata.

4. Menghilangkan noda di wajah

Pigmentasi adalah ketika kulit Anda memiliki bercak-bercak hitam di seluruh wajah karena kandungan melanin yang berlebihan. Menggunakan lidah buaya setiap hari sebelum tidur tidak hanya akan meratakan warna kulit tetapi juga membantu mengurangi bekas jerawat.

5. Merawat rambut keriting

Jika rambut keriting adalah masalah yang Anda hadapi, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampur gel lidah buaya dengan minyak kelapa dan biarkan di rambut Anda selama 30 menit. Bilas dengan cara biasa dan lihat perbedaannya pada rambut Anda.

6. Mengatasi tumit pecah-pecah

Menghidrasi kaki Anda Untuk tumit kering dan pecah-pecah, oleskan gel di kaki Anda dan pijat. Anda juga bisa memakai kaus kaki semalaman untuk kaki super lembut di pagi hari.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Fakta bahwa lidah buaya sangat bermanfaat untuk luka bakar, luka sayat, dan cedera lainnya. Lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan luka. Tanaman ini juga membantu mempercepat reproduksi sel kulit sebanyak delapan kali. Lidah buaya juga dikenal dapat menembus epidermis yaitu lapisan luar kulit lebih cepat daripada air.

8. Membantu pertumbuhan rambut

Dipenuhi dengan enzim alami, lidah buaya menjaga kulit kepala tetap bersih dan meresap jauh ke dalam folikel rambut. Ini pada gilirannya, berfungsi sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Folikel yang tidak aktif dan mati juga dapat dihidupkan kembali dengan kebaikan lidah buaya.

9. Mengobati Luka Bakar

Seperti yang telah dijelaskan, lidah buaya yang memiliki sifat menenangkan, melembapkan, dan mendinginkan ini juga mampu mengobati luka bakar atau sengatan matahari.

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Penelitian dari Pediatric Dentistry menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya mengalami peningkatan kesehatan mulut tanpa efek samping.

11. Turunkan Gula Darah

Mengonsumsi 2 sendok gel lidah buaya setiap hari dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, pengidap diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi lidah buaya bersama dengan obat penurun glukosa. Hal ini karena jus bersama dengan obat diabetes bisa menurunkan jumlah glukosa ke tingkat yang terlalu rendah dan berbahaya.

12. Menjaga Pencernaan

Lidah buaya juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori, yang ditemukan di saluran pencernaan, yang merupakan penyebab umum dari tukak lambung. Lidah buaya juga mampu menyembuhkan dan menenangkan penyakit perut.

13. Penghapus makeup alami

Jika Anda mencari pembersih riasan alami, lidah buaya dapat membantu Anda. Untuk membersihkan liner dan eye shadow yang sulit dihilangkan, usapkan gel lidah buaya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.