Logo Network
Network

Tips Atasi Masalah Kulit Pigmentasi dengan 6 Pengobatan Alami Berikut ini

Kiki Oktaliani , MNC Portal
.
Minggu, 15 Januari 2023 | 20:02 WIB
Tips Atasi Masalah Kulit Pigmentasi dengan 6 Pengobatan Alami Berikut ini
Teh Hijau. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai tips atasi masalah kulit pigmentasi dengan 6 pengobatan alami. Tahukah Anda tentang pigmentasi? Pigmentasi sendiri merupakan pewarnaan kulit, dan melanin merupakan jenis pigmen yang terdapat pada kulit. Sel-sel kulit dapat membuat melanin melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

Setiap orang memiliki tingkat melanin yang berbedap-beda pada kulitnya. Kulit dapat menghasilkan banyak melanin di sekitar area tertentu yang dapat membuat kulit menjadi gelap. Nah, kondisi inilah yang dinamakan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi cenderung hanya mempengaruhi bercak kulit, meskipun dalam beberapa kasus dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Berikut ini adalah salah satu alternatif pengobatan rumahan untuk pigmentasi yang dapat Anda coba dilansir dari Medical News Today, Selasa (10/1/2023)

1. Cuka sari apel

Banyak orang menggunakan cuka sari apel pada kulitnya untuk mencoba meringankan pigmentasi yang tidak diinginkan. Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang dalam beberapa kasus dapat bertindak sebagai pengelupasan kimia ringan.

Sebagai studi dalam jurnal Pengobatan Pelengkap dan Alternatif Berbasis Bukti atau Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mencatat, cuka sari apel juga mengandung polifenol. Zat ini bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi sel-sel kulit. Namun, bukti penggunaan cuka sari apel untuk hiperpigmentasi ini masih terbatas.

2. Yoghurt atau susu

Yogurt dan susu sama-sama mengandung asam laktat, yang merupakan bahan umum dalam pengelupasan kimia untuk kulit. Jumlah kecil dalam makanan ini juga dapat membantu hiperpigmentasi ringan.

Menerapkan yogurt atau susu secara langsung ke area berpigmen atau merendam kapas dalam susu dan mengoleskannya ke area tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan rumahan untuk pigmentasi.

Caranya adalah mendiamkan yogurt atau susu selama beberapa menit, lalu membilas area tersebut secara menyeluruh dan mengoleskan pelembab. Ulangi proses ini dua kali sehari dapat membantu untuk memperbaiki bintik-bintik kulit mereka.

3. Teh hijau

Teh hijau dan bahan aktif utamanya, epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dapat membantu mengubah pigmentasi kulit dalam beberapa kasus.

EGCG merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu memblokir proses dalam sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih. Daun teh hijau sendiri juga mengandung asam galat dan asam ellagic, yang dapat membantu memperbaiki kulit. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mendukung teori ini.

Perawatan rumahan yang dapat dicoba adalah dengan mengoleskan kantong teh hijau basah ke area berpigmen selama beberapa menit setiap hari.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini