Logo Network
Network

10 Deretan Tips Hilangkan Bekas Luka di Kaki, Salah Satunya Pakai Minyak Zaitun

Wilda Fajriah
.
Minggu, 20 November 2022 | 18:56 WIB
10 Deretan Tips Hilangkan Bekas Luka di Kaki, Salah Satunya Pakai Minyak Zaitun
Minyak zaitun. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bekas luka di kaki seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, biasanya mereka melakukan beragam cara agar lukanya pudar dan hilang.

Sebagian besar bekas luka tidak pernah sepenuhnya hilang, tetapi ada beberapa pilihan untuk membantu mengurangi penampilannya bahkan dengan bahan alami. Melansir Healthline, berikut adalah 10 cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan bahan alami.

1. Lidah buaya

Ambil gel hijau muda yang hampir bening. Oleskan gel langsung ke bekas luka Anda menggunakan gerakan melingkar. Setelah setengah jam, cuci gel dengan air dingin. Ulangi dua kali setiap hari.

2. Vitamin E

Buka kapsul vitamin E di atas bekas luka dan peras minyak ke bekas luka (Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu kapsul untuk mendapatkan cukup cairan untuk cakupan penuh).

Selama sekitar 10 menit, pijat minyak pada luka dan sekitar bekas luka. Setelah sekitar 20 menit, bersihkan minyak dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal 3 kali per hari.

3. Madu

Sebelum tidur, tutupi bekas luka Anda dengan lapisan madu. Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban. Biarkan selama satu malam penuh.

Di pagi hari, lepaskan perban dan bersihkan madu dengan air hangat. Jadikan ini bagian dari rutinitas Anda setiap malam. Gunakan madu murni dengan kualitas yang baik.

4. Minyak kelapa

Panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa, cukup untuk mencairkannya. Pijat minyak ke bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

Ulangi dua hingga empat kali setiap hari. 

5. Cuka sari apel

Campurkan 4 sendok makan air suling dengan 2 sendok makan cuka sari apel. Celupkan bola kapas ke dalam campuran sari air dan oleskan dengan lembut pada bekas luka Anda.

Biarkan kering. Lakukan ini setiap malam sebelum Anda tidur, kemudian cuci area tersebut di pagi hari.

6. Lavender dan minyak zaitun

Campurkan tiga tetes minyak esensial lavender ke dalam tiga sendok makan minyak zaitun extra-virgin. Pijat campuran ke area bekas luka selama sekitar 5 menit.

Biarkan minyak di tempat selama sekitar 30 menit. Bilas area tersebut dengan air hangat. Ulangi proses ini minimal tiga kali sehari.

7. Lemon

Potong irisan dari lemon segar. Gosok dengan lembut sisi lemon yang berair pada bekas luka saat Anda memeras jusnya ke bekas luka.

Bersantailah selama sekitar 10 menit sebelum membilas area tersebut dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari pada waktu yang hampir bersamaan.

8. Kentang

Potong kentang menjadi lingkaran dengan ketebalan sedang. Dengan gerakan memutar, gosokkan irisan kentang pada bekas luka Anda.

Setelah irisan kentang mulai mengering, buang dan lanjutkan menggosok dengan irisan lainnya.

Lanjutkan menggosok dan mengganti selama sekitar 20 menit dan kemudian biarkan bekas luka mengering selama sekitar 10 menit.

Bilas area tersebut dengan air dingin. Ulangi proses ini setidaknya satu kali setiap hari.

9. Rosehip dan kemenyan

Campurkan minyak esensial rosehip dan minyak esensial kemenyan dengan perbandingan yang sama. Pijat campuran rosehip-frankincense ke bekas luka.

Tunggu selama 45 menit sebelum membilas area dengan lembut dengan air hangat. Ikuti prosedur ini tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Soda kue

Campurkan air sedikit demi sedikit ke dalam dua sendok makan soda kue sampai membentuk pasta. Basahi bekas luka Anda dengan air dan kemudian oleskan pasta ke bekas luka basah.

Pegang pasta di tempatnya dengan kompres hangat selama 15 menit.

Bilas area tersebut dan ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebelum mencoba salah satu pengobatan di atas, cuci bersih dan keringkan bekas luka dan area di sekitarnya. Juga, hanya gunakan obat ini pada bekas luka, bukan luka terbuka. Jika salah satu dari solusi ini menyebabkan iritasi, segera hentikan penggunaan.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki dengan Bahan Alami

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.