get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

4 Deretan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Selasa, 10 Januari 2023 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi pisang. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Buah pisang memiliki ciri kulit berwarna kuning dan memiliki daging berwarna putih kekuningan dengan tekstur lembut. Buah ini menjadi salah satu favorit kebanyakan orang. Buah pisang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan, penurunan berat badan, diabetes serta kesehatan jantung.

Satu pisang berukuran sedang memiliki sekitar 110 kalori dan memberi Anda nutrisi karbohidrat 28 gram, gula 15 gram, serat 3 gram, kalium 450 mg, magnesium 32 mg, vitamin C 10.3 mg, vitamin B6 0.4 mg.

Pisang kaya akan vitamin B6 dan serat, yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan mood Anda. Satu pisang berukuran sedang memberi Anda 9 persen asupan kalium yang direkomendasikan setiap hari dan 8 persen magnesium.

Tidak hanya itu, ia bahkan memberi Anda 11 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Melansir Times of India pada Selasa (10/1/2023), berikut 4 manfaat pisang untuk kesehatan Anda.

Membantu Anda menurunkan berat badan

Pisang untuk waktu yang lama memiliki reputasi buruk dalam menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang membuat orang menjelekkannya. Namun Anda akan terkejut mengetahui bahwa pisang ternyata bisa membantu Anda merasa kenyang lebih cepat.

Pektin yang terkandung di dalamnya menunda pengosongan perut, yang menghentikan Anda makan berlebihan. Pisang hijau lebih baik untuk menurunkan berat badan karena pisang matang kehilangan pektinnya. Karbohidrat dalam pisang juga membantu menghasilkan lebih banyak serotonin, yang membantu mengatur metabolisme dan menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi.

Penelitian telah membuktikan bahwa pisang hijau yang dikonsumsi dalam bentuk apa pun yang segar, dimasak, dikeringkan, atau ditumbuk menjadi tepung membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Membantu pencernaan

Pisang hijau adalah obat rumahan yang sempurna untuk gerakan longgar. Pisang memiliki serat tidak larut, yang menyerap dan memproses nutrisi, sedangkan serat larut menghasilkan bagian yang lembut bagi tubuh untuk membersihkan racun dari sistem pencernaan.

Pisang mendukung kesehatan jantung

Kalium dan kesehatan jantung terkait sangat erat. Kalium meningkatkan kesehatan jantung dengan menyeimbangkan kadar natrium. Terlalu sedikit atau terlalu banyak natrium berarti lebih banyak cairan dan volume darah yang lebih tinggi dalam aliran darah, yang meningkatkan tekanan darah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa suplemen kalium mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Makanan yang merupakan sumber potasium yang baik dan rendah natrium dapat mengurangi risiko seseorang terkena bp dan stroke yang tinggi, kata FDA.

Dapat membantu mengatur tekanan darah

Kebanyakan orang berpikir bahwa penderita diabetes harus menghindari makan buah-buahan manis seperti pisang. Tapi pektin dan pati resisten dalam pisang ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula darah Anda. Serat pektin membuat Anda kenyang, mencegah makan berlebihan dan memperlambat pencernaan.

Bagi penderita diabetes, cara terbaik mengonsumsi pisang adalah dengan memasangkannya dengan lemak dan protein. Jadi gabungkan pisang Anda dengan telur, yogurt atau selai kacang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut