get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Yuk Simak 5 Makanan Berkarbohidrat Tinggi yang Menyehatkan Tubuh

Rabu, 04 Januari 2023 | 15:58 WIB
header img
Pisang. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai makanan berkarbohidrat tinggi yang dapat menyehatkan tubuh. Sebagian orang seringkali menganggap makanan berkarbohidrat tinggi adalah hal yang buruk karena dikaitkan dengan penyebab diabetes tipe 2, membuat gula darah naik, penambahan berat badan, membuat ngantuk dan lainnya.

Memang benar bahwa karbohidrat yang tinggi gula dan biji-bijian olahan biasanya kekurangan vitamin dan mineral penting. Namun, tak semua karbohidrat sifatnya buruk karena ada jenis karbohidrat yang padatr nutrisi dan kaya serat, sebenarnya bisa sangat baik untuk kesehatan. Melansir Healthline, Minggu (1/1/2023) berikut lima makanan tinggi karbohidrat yang sangat sehat.

1. Oats: Merupakan biji-bijian utuh yang sangat sehat dan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat mentah mengandung 70 persen karbohidrat dan di dalam 81 gram oats mengandung 54 gram karbohidrat, termasuk 8 gram serat, yang mana tinggi dalam jenis serat tertentu yang disebut oat beta glucan.

Selain itu, oat juga merupakan sumber protein yang relatif baik dan mengandung lebih banyak protein daripada kebanyakan biji-bijian. Penelitian menunjukkan bahwa makan oat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan juga bantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu, oat sangat mengenyangkan, pilihan pas bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan.

2. Pisang: Satu pisang besar (136 gram) mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, baik dalam bentuk pati mau pun gula. Buah satu ini terkenal tinggi potasium dan vitamin B6 dan C, dan mengandung beberapa senyawa tanaman yang bermanfaat. Nah, karena kandungan potasiumnya yang tinggi, pisang bisa bantu untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Pisang mentah atau kurang matang juga mengandung pati resisten dan pektin dalam jumlah yang cukup, keduanya mendukung kesehatan pencernaan dan menyediakan bahan bakar untuk bakteri baik di usus kita loh!

3. Ubi jalar: Umbi-umbian yang lezat dan bergizi ini, diketahui dengan ukuran satu setengah cangkir (100 gram) ubi jalar yang dihaluskan dan dimasak dengan kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat, yang terdiri dari pati, gula, dan serat. Ubi jalar juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan potassium dan dikemas dengan antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya di sel untuk melindungi dari penyakit kronis.

4. Jeruk: Siapa sangka bukan hanya punya kandungan vitamin C tinggi, ternyata jeruk juga memiliki kandungan tinggi akan karbohidrat. Jeruk terdiri dari air dan terdiri dari sekitar 15,5 gram karbohidrat per porsi 100 gram. Selain sumber serat yang baik, jeruk juga kaya potasium, dan beberapa vitamin B. Selain itu, mengandung asam sitrat, serta beberapa senyawa tumbuhan dan antioksidan yang kuat. Makan jeruk disebut bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah batu ginjal.

Bahkan jeruk juga bisa meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain yang kita makan, yang dapat membantu melindungi dari anemia defisiensi besi.

5. Apel: Terkenal dengan rasanya yang manis, asam segar, dan teksturnya yang renyah. Apel tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan rasa, yang semuanya umumnya mengandung sekitar 14 sampi 16 gram karbohidrat per 100 gram. Buah ini juga menjadi sumber vitamin C, antioksidan, dan serat yang baik. Ya, apel menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pengelolaan gula darah dan juga untuk kesehatan jantung.

Penelitian awal menunjukkan bahwa dengan memasukkan apel ke dalam menu makan sehari-hari, dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu. Namun, memang masih diperlukan lebih banyak penelitian terkait hal ini.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut