get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Dear Pemilik Kulit Berminyak, Berikut Hal-hal yang Boleh Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan!

Rabu, 28 Desember 2022 | 20:01 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Apakah Anda merupakan pemilik kulit berminyak? Jika iya, sebaiknya para pemilik kulit berminyak lebih memerhatikan kulit secara khusus. Hal ini lantaran kulit berminyak sangat rentan mengalami penyumbatan pori serta memicu jerawat wajah.

Para pemilik kulit berminyak juga diharuskan mengontrol minyak yang terdapat di kulit wajah, hal ini dilakukan agar dapat membantu menyeimbangkan kandungan minyak dan menjaga kelembapan alami kulit.

Supaya kulit berminyak ini tetap sehat dan jauh dari masalah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan tak boleh dilakukan oleh pemiliknya, menukil laman resmi American Academy of Dermatology Association, Rabu (27/12/2022) berikut paparannya.

A) Hal yang boleh dilakukan;

1. Rutin cuci muka setiap pagi, sore, dan setelah berolahraga: Saat mencuci muka, cobalah untuk tidak menggosok kulit dengan gerakan yang terlalu keras. Saat menghapus make up, lakukan secara perlahan. Kenapa? Karena scrubbing dengan keras berpotensi bikin kulit iritasi.

2. Pilih produk perawatan kulit yang diberi label "bebas minyak" dan "nonkomedogenik": Artinya, produk dengan label ini, termasuk pembersih, pelembab, dan riasan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat.

3. Pakai pembersih wajah yang lembut dan berbusa: Banyak pemilik kulit berminyak menyakini pakai pembersih wajah yang kuat untuk kulit berminyak untuk mengeringkan kulit mereka. Namun, penggunaan sabun cuci muka yang terlalu keras, justru memicu iritasi kulit dan memicu peningkatan produksi minyak. Pakai pembersih wajah yang ringan dan lembut.

4. Pakai pelembab setiap hari: Meski punya kulit berminyak, tetap penting untuk menggunakan pelembab agar kulit tetap terhidrasi. Untuk menghemat waktu dan melindungi kulit sekaligus, pakai pelembap yang juga mengandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

B) Hal yang tidak boleh dilakukan;

1) Menggunakan pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol. Ini bisa mengiritasi kulit.

2) Menyentuh wajah: Ini bisa memindahkan kotoran, minyak, dan bakteri dari tangan ke wajah. Sentuh wajah hanya saat membersihkan, melembapkan, atau mengoleskan tabir surya atau riasan, dan pastikan tangan sudah benar-benar bersih ya!

3) Tidur dengan makeup: Jangan tidur dengan riasan yang masih menempel di kulit wajah, wajib selalu bersihkan make up sebelum tidur.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut