get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Dear Pemilik Kulit Berminyak, Begini 13 Tips Mengecilkan Pori-pori Wajah

Selasa, 27 Desember 2022 | 20:10 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id -  Memiliki pori-pori wajah yang besar kerapkali mengganggu penampilan serta membuat seseorang kurang percaya diri. Apasih penyebab pori-pori besar/ apakah bisa pori-pori dibuat lebih kecil?

Nah, sebelum membahas penyebab dan bagaimana mengecilkan pori-pori, perlu diketahui bahwa pori-pori terjdiri dari dua jenis. Pertama adalah pori-pori yang melepaskan minyak dari sebum (kelenjar minyak). Lalu, ada pori yang mengeluarkan keringat. Nah, jenis yang paling sering mengalami pembesaran adalah pori-pori yang melepaskan sebum.

Bagi kamu pemilik tipe kulit berminyak, produksi sebum berlebihan bisa jadi penyebab pori-pori membesar. Selain itu, pembesaran pori-pori bisa disebabkan menurunnya elastisitas kulit di sekitar pori. Kondisi ini biasanya dialami orang yang kulitnya terlihat kendur sehingga pori-pori tampak lebih besar.

Lalu, bagaimana cara mengecilkan pori-pori? Pori wajah bisa dikecilkan menggunakan sejumlah cara. Berikut 13 cara mengecilkan pori-pori besar seperti dilansir dari KlikDokter.

Pilih Produk Perawatan dan Make Up Nonkomedogenik

Pori-pori yang tersumbat cenderung melebar dan membuat pori-pori tampak lebih besar. Untuk menghindarinya, pilih produk nonkomedogenik dan oil-free (bebas minyak). Nonkomedogenik menandakan produk tidak akan menyumbat pori-pori kulit kamu. Label ini biasanya tertera di kemasan produk perawatan kulit.

Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Kamu sebaiknya membersihkan wajah dua kali sehari setiap hari. Mencuci wajah pagi dan malam hari setelah beraktivitas dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori. Pori kulit wajah pun jadi kurang terlihat. Bersihkan wajah menggunakan air hangat, ya! Pijat lembut menggunakan pembersih wajah nonkomedogenik dan tidak mengandung alkohol.

Selalu Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit, mempercepat hilangnya elastisitas kulit, bikin kulit kering, dan membuat pori-pori kulit lebih terlihat. Nah, cara memperkecil pori-pori wajah bisa menggunakan tabir surya spektrum luas dengan kandungan SPF minimal 30. Gunakan setiap hari agar kulit kamu terlindung dari sinar matahari. Kenakan pula topi dan usahakan agar kamu tidak terkena sinar matahari langsung ketika berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Aplikasikan Pelembap Setiap Hari

Penggunaan pelembap penting untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. Produk ini bisa pula digunakan untuk menghilangkan pori-pori besar. Pilih pelembap nonkomedogenik yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Bagi kamu pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap bebas minyak untuk bantu mengurangi pembesaran pori.

Rutin Lakukan Eksfoliasi

Selama dilakukan dengan lembut dan aman, eksfoliasi bisa membuat pori wajah lebih tersamarkan. Kamu tak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari. Cukup lakukan satu hingga dua kali seminggu. Ada beberapa teknik eksfoliasi yang bisa diterapkan, mulai dari mekanik hingga kimia. Jika kamu belum familiar dengan cara ini, konsultasikan dengan dokter kulit, ya!

Bersihkan Sisa Make Up dari Wajah

Apabila kamu rutin pakai makeup, jangan lupa bersihkan sisa riasan dari wajah sebelum tidur. Tidur dengan makeup di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan terlihat makin besar. Membiarkan wajah dengan makeup yang tidak dibersihkan seharian juga bisa menimbulkan jerawat. Hal ini tentunya akan lebih sulit diatasi.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut