get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Melihat SMAN 5 Karawang, Sekolah Pencetak Atlet-atlet Handal dan Berprestasi

Selasa, 14 Desember 2021 | 20:59 WIB
header img
Wakasek Humas SMAN 5 Karawang, Ai Maesaroh., Wakasek Kesiswaan SMAN 5 Karawang, Hary Prasetyo

Karawang, iNews - Membahas SMAN 5 Karawang memang tidak akan ada habisnya. Sekolah ini dikenal sebagai pencetak atlet-atlet muda berbakat. Segudang piala yang terpampang di lobi utama menjadi bukti.

Kesuksesan sekolah ini dalam mencetak atlit-atlit pelajar tidak terlepas dari sejarah terbentuknya SMAN 5 Karawang. Sebelum menjadi SMAN 5 Karawang, pada tahun 1963 sekolah ini bernama Sekolah Menengah Olahraga Atas Negeri (SMOAN), kemudian pada tahun 2004 barulah sekolah ini bertransformasi menjadi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Karawang yang dikenal hingga saat ini.

Berdasarkan sejarah singkat terbentuknya SMAN 5 Karawang tersebut sudah jelas bahwa sekolah ini menitikberatkan pada prestasi non akademik (olahraga). Tak heran hingga saat ini SMAN 5 menjadi sekolah menengah atas favorit di Kabupaten Karawang, khususnya bagi siswa SMP yang memiliki prestasi dalam bidang olahraga.

Menurut Wakasek Humas SMAN 5 Karawang, Ai Maesaroh, suksesnya SMAN 5 Karawang dalam mencetak bibit-bibit unggul sebagai atlit tingkat Provinsi hingga Nasional dimulai sejak rekrutmen (PPDB), banyaknya kuota jalur prestasi menjadi kunci awal maksimalnya penyaringan atlet-atlet berbakat.

"Step awal kami perbanyak jalur prestasi pada seleksi PPDB. Tidak sampai disitu, kita juga berkomunikasi dengan club cabang olahraga tertentu yang tidak ada ekskulnya di sekolah ini. Agar siswa tersebut masih bisa berkembang." Ungkapnya.

Sementara itu Wakasek Kesiswaan SMAN 5 Karawang, Hary Prasetyo menambahkan, sebelum dilanda Pandemi raihan prestasi siswa SMAN 5 Karawang selalu konsisten, seperti misalnya pada cabor sepak bola yang selalu langganan menjadi juara liga kabupaten.

"Sebelum Pandemi Covid-19 raihan prestasi selalu tidak kurang dari 5 setiap minggunya, mulai dari juara Pramuka, PMR, Candra Gemilang, Anggar, serta cabor-cabor lain, "katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pascapandemi SMAN 5 Karawang tidak kehilangan tajinya, meski banyak perlombaan dilaksanakan secara daring, SMAN 5 tetap mampu menjuarai berbagai perlombaan, salah satunya adalah juara 1 Paskibra kategori juara kostum terbaik dan juara harapan 2 pada Virtual compotition LKBB tingkat Nasional.

"Meski menjadi sekolah yang dikenal dalam prestasi non akademis, kami juga tidak ketinggalan dalam hal akademis. Buktinya pada tahun 2019 siswa kami juga berhasil meraih juara 1 ilmu kebumian dalam perlombaan KSN tingkat provinsi." Ujarnya.

Ia berharap SMAN 5 Karawang mampu menembus kejuaraan/perlombaan internasional, agar SMAN 5 Karawang bisa lebih dikenal secara luas.

"Dulu pernah ada siswa kami yang berlomba di luar Negeri. Harapan kami bisa semakin banyak siswa kami yang bisa bersaing di lingkup internasional,"harapnya, sambil menutup perbincangan.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut