Apa itu Istilah Friends With Benefit ? Begini Penjelasannya

Rina Anggraeni , Sindonews
.
Kamis, 24 November 2022 | 10:30 WIB
Ilustrasi (Foto: Heartstapps)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pembaca mungkin pernah dengar istilah FWB yang merupakan kepanjangan dari Friends With Benefit.

Untuk mengenal apa itu FWB dan contohnya ini merupakan kalimat gaul bagi kaum milenial. Mungkin Anda pernah mendengar istilah itu muncul di film dan acara TV, atau pernah melihat seseorang memakai kalimat tersebut. Ya, FWB merupakan kepanjangan dari Friends With Benefit.

Apa pun masalahnya, hubungan FWB sendiri memang selalu menjadi tanda tanya untuk kepastian.

Mengenal apa itu FWB dan contohnya ini biasanya dilakukan pada seseorang yang hanya ingin memiliki hubungan tanpa terikat, tapi saling menguntungkan.

Dilansir Bride, biasanya seseorang memilih FWB ini pernah memiliki pengalaman negatif dalam hubungan masa lalu. Serta tidak siap untuk terbuka secara emosional serta berkomitmen.

Contohnya dalam FWB yakni hubungan seksual. Seseorang yang sudah menjalin hubungan romantis terbuka hanya untuk memenuhi kebutuhan seksual juga masuk dalam istilah tersebut.

Hubungan FWB tidak memiliki komitmen serta tidak bersifat mengikat seperti hubungan pacaran atau suami istri. Ini artinya, seseorang yang melakukan FWB bebas untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Sering menjadi perdebatan, topik FWB sampai pernah diangkat menjadi sebuah film dengan judul Friends with Benefits. Film ini diperankan oleh aktor dan aktris ternama dunia, yaitu Justin Timberlake dan Mila Kunis.

Berikut penyebab memilih FWB:

 1. Tidak Ingin Berkomitmen

Belum memiliki keinginan berkomitmen menjadi alasan utama seseorang memilih FWB daripada jenis hubungan asmara lainnya.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa FWB adalah hubungan tanpa komitmen, sehingga saat melakukannya seseorang tidak bertanggung jawab menjaga perasaan partnernya, karena sejak awal kedua belah pihak telah setuju untuk menjalani hubungan tersebut.

Alasan ini tak jarang digunakan oleh golongan dewasa muda yang sedang semangat membangun karir. Keinginan fokus pada karir dan semakin tingginya tuntutan dunia kerja membuat seseorang menunda memulai hubungan serius dan memilih untuk melakukan FWB.

2. Rasa “Aman” sebagai Teman

Karena diawali dengan hubungan pertemanan, pasangan yang melakukan FWB umumnya lebih mengenal satu sama lain. Ini membuat mereka lebih paham hal apa saja yang harus dilakukan serta dihindari agar pasangannya merasa aman. Oleh karena itu, pasangan FWB menjadi lebih nyaman saat melakukan eksplorasi hubungan seksual.

3. Hanya Ingin Merasa Puas

Hubungan FWB merupakan hubungan sementara hanya berdasarkan kesenangan sesaat. Seringkali hubungan FWB hanya berlangsung beberapa pekan atau beberapa bulan saja.

Editor : Boby
Bagikan Artikel Ini