HUT Ke-77 TNI : Inilah 4 Museum Tentara Nasional Indonesia Paling Keren, Miliki Makna Perjuangan

Prisca Arianto , Okezone
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 20:01 WIB
Museum Brawijaya di Malang, Jawa Timur. (Foto : instagram/ @museum.brawijaya)

2. Museum Satria Mandala, Jakarta

Museum Satria Mandala merupakan museum yang dikhususkan untuk mengenang perjuangan TNI. Museum ini terletak di Jalam Jenderal Gatot Subroto No.14, Jakarta Selatan.

Di museum ini tersimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tahun 1945 sampai sekarang.

Aneka senjata berat dan ringan, atribut ketentaraan, panji-panji, dan lambang-lambang di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan panser. Didalam museum ini juga terdapat 74 diorama yang menggambarkan peranan TNI.

Selain diorama, dipamerkan pula dokumen, peta operasi, dan benda-benda relik lainnya. Fasilitas lain di museum ini adalah Taman Bacaan Anak, Kios Cenderamata, Kantin, serta gedung serbaguna yang berkapasitas 600 kursi.

3. Museum Dirgantara Mandala, Yogyakarta

Museum Dirgantara Mandala, adalah museum yang digagaskan oleh TNI Angkatan Udara yang berisikan benda-benda koleksi sejarah, dimana sebagian besarnya berupa pesawat terbang yang pernah mengabdikan diri di lingkungan TNI AU.

Diresmikan pada 29 Juli 1978, museum ini memiliki lebih dari 10 ribu koleksi komponen alutsista dan 40 pesawat terbang dari negara Barat hingga Timur.

Museum ini terletak di komplek Pangkalan Udara Adisucipto Jl. Raya Janti, Karang Janbe, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini