HUT Ke-77 TNI : Inilah 4 Museum Tentara Nasional Indonesia Paling Keren, Miliki Makna Perjuangan

Prisca Arianto , Okezone
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 20:01 WIB
Museum Brawijaya di Malang, Jawa Timur. (Foto : instagram/ @museum.brawijaya)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Setiap tanggal 5 Oktober diperingati  Hari 
Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Jika ingin mengetahui tentang sejarah dan bukti perjuangan serta senjata apa saja yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), anda bisa mengunjungi 4 museum berikut ini, dimana museum tersebut menyimpan berbagai koleksi mulai dari senjata dan kendaraan tempur. 

1. Museum Brawijaya, Malang

Museum Brawijaya adalah museum militer yang terletak di Jalan Ijen Nomor 25 A, kota Malang, Jawa Timur. Museum ini dibangun pada tahun 1962, dan diresmikan pada 4 Mei tahun 1968.

Museum ini memiliki cukup lengkap yang dulunya pernah digunakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tahun 1945.

Di museum ini Anda bisa menemukan beberapa koleksi penting, seperti Tank buatan Jepang, Senjata Penangkis Serangan Udara (PSU), Meriam 3,7 inchi, Patung Jenderal Sudirman, Peta Rute Gerilya, dan atribut perang lainnya.

Salah satu koleksi yang mencolok adalah Gerbong Maut di halaman tengah museum. Gerbong ini mengangkut para pekerja paksa di zaman Belanda, namun karena tak ada lubang udara, para pekerja akhirnya tewas di gerbong tersebut.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini