get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

HUT Ke-77 TNI : Inilah 4 Museum Tentara Nasional Indonesia Paling Keren, Miliki Makna Perjuangan

Rabu, 05 Oktober 2022 | 20:01 WIB
header img
Museum Brawijaya di Malang, Jawa Timur. (Foto : instagram/ @museum.brawijaya)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Setiap tanggal 5 Oktober diperingati  Hari 
Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Jika ingin mengetahui tentang sejarah dan bukti perjuangan serta senjata apa saja yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), anda bisa mengunjungi 4 museum berikut ini, dimana museum tersebut menyimpan berbagai koleksi mulai dari senjata dan kendaraan tempur. 

1. Museum Brawijaya, Malang

Museum Brawijaya adalah museum militer yang terletak di Jalan Ijen Nomor 25 A, kota Malang, Jawa Timur. Museum ini dibangun pada tahun 1962, dan diresmikan pada 4 Mei tahun 1968.

Museum ini memiliki cukup lengkap yang dulunya pernah digunakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada tahun 1945.

Di museum ini Anda bisa menemukan beberapa koleksi penting, seperti Tank buatan Jepang, Senjata Penangkis Serangan Udara (PSU), Meriam 3,7 inchi, Patung Jenderal Sudirman, Peta Rute Gerilya, dan atribut perang lainnya.

Salah satu koleksi yang mencolok adalah Gerbong Maut di halaman tengah museum. Gerbong ini mengangkut para pekerja paksa di zaman Belanda, namun karena tak ada lubang udara, para pekerja akhirnya tewas di gerbong tersebut.

2. Museum Satria Mandala, Jakarta

Museum Satria Mandala merupakan museum yang dikhususkan untuk mengenang perjuangan TNI. Museum ini terletak di Jalam Jenderal Gatot Subroto No.14, Jakarta Selatan.

Di museum ini tersimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tahun 1945 sampai sekarang.

Aneka senjata berat dan ringan, atribut ketentaraan, panji-panji, dan lambang-lambang di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan panser. Didalam museum ini juga terdapat 74 diorama yang menggambarkan peranan TNI.

Selain diorama, dipamerkan pula dokumen, peta operasi, dan benda-benda relik lainnya. Fasilitas lain di museum ini adalah Taman Bacaan Anak, Kios Cenderamata, Kantin, serta gedung serbaguna yang berkapasitas 600 kursi.

3. Museum Dirgantara Mandala, Yogyakarta

Museum Dirgantara Mandala, adalah museum yang digagaskan oleh TNI Angkatan Udara yang berisikan benda-benda koleksi sejarah, dimana sebagian besarnya berupa pesawat terbang yang pernah mengabdikan diri di lingkungan TNI AU.

Diresmikan pada 29 Juli 1978, museum ini memiliki lebih dari 10 ribu koleksi komponen alutsista dan 40 pesawat terbang dari negara Barat hingga Timur.

Museum ini terletak di komplek Pangkalan Udara Adisucipto Jl. Raya Janti, Karang Janbe, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Museum Yos Sudarso, Surabaya

Museum Yos Sudarso berlokasikan di area Korbangdikal (Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut) Bumimoro, Maro Krembangan, Surabaya.

Nama museum Yos Sudarso terinspirasi dari sosok pahlawan Angkatan Laut, yaitu Yosaphat Soedarso. Karena jasanya di pertempuran Laut Aru saat konflik Trikora, dibangunlah museum dan monumen Yos Sudarso.

Yosaphat Soedarso adalah pahlawan Indonesia yang berasal dari TNI Angkatan Laut di Indonesia. Ia gugur di pertempuran Laut Aru pada konflik Trikora (Papua Barat).

Di museum ini Anda dapat mengetahui perkembangan TNI Angkatan Laut di Indonesia, sekaligus perjuangan rakyat Indonesia.

Jadi, museum mana yang Anda ingin kunjungi untuk merayakan HUT TNI ke-77?

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut