5 Tips Atasi Jerawat yang Membandel! Yuk Simak

Intan Afika Nuur Aziizah , Okezone
.
Senin, 05 September 2022 | 12:24 WIB
Mengatasi jerawat (Foto: Dermstores)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai tips mengatasi jerawat. Memiliki wajah yang berjerawat memang terasa menyebalkan. Jerawat dapat disebabkan dari berbagai faktor termasuk genetika, tingkat hormon yang berfluktuasi, hingga stres. Saat kulit berjerawat harus membutuhkan perawatan ekstra untuk menyembuhkannya.

Tak hanya memakai serangkaian produk perawatan, Anda juga harus melakukan perubahan gaya hidup jika ingin menghilangkan jerawat secepatnya. Apa saja? Dihimpun dari Web MD.

1. Mengelola stres

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah mengurangi stres dalam hidup, kata dokter kulit Ivy Lee yang berbasis di California. Jumlah minyak atau sebum di kulit Anda secara langsung dipengaruhi oleh stres.

Semakin banyak stres (fisik dan emosional) yang Anda rasakan, semakin tinggi pula kadar kortisol dalam tubuh dan semakin aktif kelenjar sebaceous di kulit. "Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres dengan bersantai, menjadi lebih sadar, fokus pada kesehatan dan berolahraga, semuanya menurunkan kadar kortisol, menurunkan stres, dan mengurangi jerawat," kata Lee.

2. Jangan tidur larut malam

Apakah Anda tidur terlalu larut dan bangun terlalu pagi? Atau masalah tidur Anda yang kurang nyenyak? Jika iya, kondisi itu dapat memicu lonjakan kortisol, yang dapat menimbulkan risiko timbulnya banyak jerawat. Cara mengatasinya sederhana, tetapi tidak selalu mudah. Jadikan tidur sebagai prioritas untuk memberi tubuh Anda istirahat yang dibutuhkan dan kesempatan untuk menyembuhkan jerawat Anda. Dan tentu saja, Anda harus selalu menghapus semua riasan sebelum tidur.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini