get app
inews
Aa Read Next : 3 Bahan Masker Alami Atasi Kulit Wajah Belang

Hindari Kesalahan Pakai Skincare! Berikut Tahapan Skincare di Pagi Hari

Senin, 22 Agustus 2022 | 13:35 WIB
header img
Ilustrasi Penggunaan Skincare. (Foto: Shutterstock)

Penggunaan skincare sangatlah penting bagi kulit. Skincare bisa dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari skincare, yakni dapat membuat kulit lebih cerah, membantu menyehatkan kulit, terhindar dari bahaya penyakit kulit.

Tapi, masih banyak orang yang kurang tepat dalam melakukan perawatan kulit. Lantas, bagaimana langkah yang tepat dalam menggunakan produk skincare? Berikut merupakan urutan pemakaian skincare yang benar untuk pagi hari seperti dilansir dari berbagai sumber.

Sabun Cuci Muka

Mencuci muka sebelum menggunakan skincare sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan adanya kotoran pada permukaan kulit wajah kita. Meskipun pagi hari, kulit kita mungkin saja berada dalam keadaan kotor, misalnya terkena kotoran yang menempel pada bantal yang kita pakai.

Selain itu dengan mencuci muka terlebih dahulu dapat meningkatkan proses penyerapan skincare karena kotoran yang menghambat penyerapan skincare sudah dihilangkan terlebih dahulu. Berikut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci muka:

- Cuci tangan terlebih dahulu

- Memilih sabun cuci muka sesuai dengan kebutuhan kulit wajah

- Tidak menggosok kulit terlalu keras

Toner

Kegunaan penggunaan toner setelah mencuci muka adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang masih tertinggal. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk mengembalikan hidrasi kulit.

Adapun cara penggunaan toner adalah menepukkan dan mengusapkan produk toner ke wajah secara langsung atau dengan menggunakan kapas. Dalam memilih toner, ada baiknya menghindari produk yang mengandung alkohol yang tinggi karena mampu mengiritasi kulit wajah.

Antioxidant Serum

Antioxidant serum dapat digunakan setelah menggunakan toner. Serum antioksidan ini akan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan molekul yang tidak stabil atau radikal bebas. Kerusakan kulit seperti kemerahan dan kerutan dapat ditangani dengan penggunaan produk ini secara rutin

Spot Treatment

Pada titik tertentu, diperlukan perhatian khusus dan juga langkah yang disesuaikan dengan kondisi permasalahan kulit tersebut. Jika memiliki noda yang ingin dihilangkan dari wajah, hal yang perlu dilakukan adalah anti-inflamasi dan proses pengeringan noda tersebut.

Produk anti-inflamasi berguna untuk menghilangkan noda, sedangkan proses pengeringan dilakukan untuk menghilangkan sisanya. Penggunaan produk ini dapat dilewati apabila tidak memiliki noda pada wajah, contohnya jerawat.

Eye Cream

Dilansir dari laman Healthline, kulit sekitar mata memiliki sifat yang cenderung sensitif dan tipis. Oleh karena itu, bagian area wajah ini juga rentan menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus. Krim mata ini digunakan khusus hanya pada bagian kantung mata karena bermanfaat untuk mencerahkan, menghaluskan, serta mengencangkan kulit sekitar mata.

Moisturizer

Selanjutnya, produk yang dapat digunakan adalah moisturizer atau pelembap. Moisturizer berfungsi untuk melembapkan serta menenangkan kulit wajah. Langkah ini sebenarnya dapat dilewati apabila merasa bahwa toner dan serum yang digunakan sebelumnya sudah dapat memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Penggunaan produk ini mampu membantu kulit terjaga dari sinar UV. Dr Theresia Rina Yunita menyampaikan bahwa ketika kita beraktivitas di dalam ruangan, ada kemungkinan bagi kita tetap terpapar sinar UV.

Oleh karena itu,s ebaiknya sunscreen juga digunakan untuk tubuh, bukan hanya wajah. Dalam penggunaannya, disarankan untuk melakukan pemakaian ulang sunscreen setiap 2 jam sekali apabila beraktivitas di bawah sinar matahari.

Bagi sebagian orang, langkah-langkah penggunaan skincare tersebut mungkin terlalu panjang untuk diikuti. Mengutip dari laman Healthline, terdapat basic morning routine yang dapat diikuti sebagai upaya dasar untuk pencegahan serta perlindungan kulit wajah. Adapun produk yang digunakan adalah produk dasar, seperti sabun pencuci muka, moisturizer, dan sunscreen.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut