get app
inews
Aa Read Next : Mentan Singgung Bulog Diminta Fokus Serap Gabah Petani, Bukan Impor Daging Kerbau

Indonesia Sudah 3 Tahun Tidak Impor Beras hingga Dapat Penghargaan IRRI, Ini Faktanya

Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:52 WIB
header img
Fakta RI Sudah Tidak Impor Beras. (Foto: okezone.com/Bulog)

Oleh sebab itu, dia meminta semua pihak agar waspada dan memastikan agar ketersediaan pangan Indonesia berada pada kondisi yang aman.

Dalam peninjauannya di BBPadi, Presiden Jokowi antara lain melihat gudang plasma nutfah yang menyimpan berbagai koleksi dan konservasi plasma nutfah tanaman padi.

Presiden melihat bahwa BBPadi telah menyiapkan varietas-varietas unggul serta menemukan varietas-varietas.

"Kita lihat tadi yang banyak ditanam oleh masyarakat memang Inpari 32 dan Inpari 42 dan juga varietas-varietas yang lainnya," imbuhnya.

5. Dapat Penghargaan Internasional

Indonesia mendapat penghargaan dari pusat penelitian beras dunia, International Rice Research Institute (IRRI). Penghargaan diberikan karena Indonesia selama tiga tahun mampu mencapai swasembada beras secara berturut-turut.

Deputi Ill Kepala Staf Presiden Panutan S Sulendrakusuma mengatakan penghargaan ini sebagai pengakuan dari kerja keras para petani Indonesia.

"Jadi ini adalah salah satu apresiasi yang datang dan lembaga internasional yang sangat bergengsi memberikan apresiasi yang diutamakan kepada para petani kita," ujar Sulendrakusuma dalam acara Market Review IDX Channel, Jumat (19/8/2022).

Lanjut dia menjelaskan, pencapaian ini selain berkat kerja keras para petani, namun juga dari aspek pemerintah dan stakeholder.

Adapun upaya dari pemerintah dan stakeholder yaitu fokus mengembangkan infrastruktur, varietas unggul atau benih unggul, dan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

"Jadi kami sangat bersyukur bahwa kerja keras seluruh elemen bangsa mulai dari petani, pemerintah, dan stakeholder yang lain ternyata membuahkan hasil dan dibuktikan dengan apresiasi dari IRRI," ungkap Sulendrakusuma. 

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut