KKN UBP 2022: Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri

Muhtar Galuh Ardian
.
Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:32 WIB
Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022 Universitas Buana Perjuangan oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. (Foto: iNews Karawang/Muhtar Galuh Ardian)

KARAWANG, iNews.id - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang telah memasuki pelaksanaan tahun kelima pada tahun 2022 ini. 

Kegiatan KKN Tematik UBP Karawang tahun 2022 mengambil tema “Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri”. Tema ini diambil sejalan dengan berkembangnya era digital sehingga memaksa kita untuk terus dapat mengikuti perkembangan teknologi. 

Mahasiswa diharapkan mampu menjadi agent of change (agen perubahan) bagi masyarakat dalam pengembangan UMKM di masyarakat lokasi KKN. 

Kegiatan KKN tahun 2022 dilepas langsung oleh Bupati Kabupaten Karawang, dr. Cellica Nurrachdiana di Auditorium Gedung Rektorat Universitas Buana Pejuangan Karawang. 

Dalam acara pelepasan tersebut Bupati Karawang atau yang akrab disapa “Teh Cellica” menyampaikan dalam sambutannya bahwa, pelaksanaan KKN ini harus menggugah perubahan pola fikir bagi masyarakat di pedesaan. 

"Pentingnya adab dan etika bagi mahasiswa sebagai bentuk karakter mahasiswa yang baik," ujarnya.

Sementara itu Rektor UBP Karawang Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM mengatakan, mahasiswa harus mampu mengubah pola pikir masyarakat di pedesaan bukan hanya dalam bentuk Pembangunan infrastruktur saja, seperti pembuatan gapura atau papan nama jalan yang umumnya dilakukan mahasiswa KKN.

KKN Tematik tahun 2022 ini diikuti oleh 1396 mahasiswa dari 11 Program studi yang ada di UBP Karawang, serta melibatkan 16 Dosen Koordinator Kecamatan, 84 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di 84 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan, hal ini disampaikan oleh Afif Hakim, ST., MT pada saat penyampaian laporan kegiatan selaku ketua pelaksana KKN Tematik 2022.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini