7 Tempat di Dunia yang Memakai Nama Soekarno. Ini Faktanya.

Destriana Indria Pamungkas , MNC Portal
Monumen Soekarno di Aljir, Aljazair (Istimewa)

Nama, Soekarno tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bapak proklamator ini merupakan Presiden Pertama Indonesia.

Ternyata Nama, Soekarno dikenal juga oleh masyarakat dunia karena dulunya kerap berkunjung ke beberpaa negara di luar negeri untuk menjalin hubungan baik antara Indonesia dengan negara lain. 

Tak heran jika nama Soekarno cukup dikenal, bahkan dijadikan nama jalan dan tempat.

Berikut 7 tempat di dunia yang memakai nama Soekarno :

1. Masjid Biru Soekarno di Rusia

Pada masa itu, masjid bernama Saint Petersburg Mosque atau Blue Mosque di Rusia dialih fungsikan Monumen Soekarno di Aljir, Aljazair (Istimewa) Nikita Kruschev, selaku pemimpin Rusia. Masjid ini dijadikan sebuah gudang.

Hingga akhirnya Soekarno bertandang ke Rusia dan meminta kepada Nikita Kruschev untuk mengembalikan fungsinya seperti semula sebagai tempat ibadah para umat muslim.

Hal itupun dikabulkan oleh pemimpin Rusia dan kini dikenal dengan nama Masjid Soekarno.

2. Soekarno Parque di Meksiko

Nama Soekarno juga dijadikan sebagai nama sebuah taman di negara Meksiko. Taman ini diresmikan pada tanggal 26 September 2019 dan dihadiri oleh Puan Maharani, selaku cucu dari mendiang Soekarno.

Taman bernama Soekarno Parque ini didirikan sebagai bentuk apresiasi salah satu tokoh perdamaian dunia dan untuk mempererat hubungan negara Indonesia-Meksiko.

3. Monumen Soekarno di Aljazair

Di kota Aljir negara Aljazair terdapat sebuah monumen Soekarno dengan pose menunjukan telunjuk ke atas, persis ketika tengah berorasi.

Monumen ini dibangun sebagai bentuk terimakasih kepada Soekarno karena telah memberikan sumbangan besar pada gerakan kemerdekaan Aljazair dari penjajahan yang dilakukan oleh neraga Perancis.

4. Avenue Soekarno di Maroko

Nama Soekarno dijadikan nama sebuah jalan di negara Maroko. Jalan itu dikenal dengan nama Rue Soekarno atau Avenue Soekarno setelah diubah dari yang sebelumnya bernama Sharia Al-rais Ahmed Soekarno.

5. Soekarno Square di Pakistan

Nama Soekarno di negara Pakistan berlokasi di beberapa tempat. Salah satunya adalah Soekarno Square di Khyber Bazar, Qissa Khawani, Peshawar, Khyber Pakhtoonkhwa.

6.Soekarno Bazar di Pakistan

Soekarno Bazar terletak di Gunj Lahore, Punjab, Pakistan. Tempat ini dibangun karena negara Pakistan menganggap Soekarno berjasa untuk membantu keamanan perairan Pakistan dengan mengirimkan tentara.

7. Ahmed Soekarno Street di Mesir

Negara Mesir juga memiliki sebuah jalan yang diberi nama Ahmed Soekarno Street. Lokasinya ada di ibu kota Mesir, Kairo.

Itulah 7 tempat di dunia yang memakai nama Soekarno

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network