Karawang Catatkan Rekor Membuat Peta dari Rangkaian Nasi Tumpeng Terbesar di Dunia

Iqbal Maulana Bahtiar
Karawang Catatkan Rekor Membuat Peta dari Rangkaian Nasi Tumpeng Terbesar di Dunia (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG,iNewskarawang.id - Dalam perayaan HUT Karawang yang ke-391, Kabupaten Karawang mencatatkan prestasi membanggakan dengan memecahkan rekor dunia melalui peta terbesar yang dibentuk dari rangkaian nasi tumpeng. Rekor ini diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Sabtu, 14 September 2024.

Menurut Operations Manager MURI, Triyono, peta Karawang yang terbentuk dari sekitar 1.600 nasi tumpeng ini tidak hanya menjadi rekor nasional, tetapi juga rekor dunia. Rekor sebelumnya dipegang oleh Kabupaten Sukabumi, namun Karawang berhasil melampauinya dengan pencapaian yang belum pernah ada sebelumnya.

"Hari ini, Karawang mencetak sejarah. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Belum pernah ada peta sebesar ini yang dibentuk dari nasi tumpeng sebanyak ini," Ujar Triyono, Sabtu,(14/9/2024).

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, menyatakan kegembiraannya atas prestasi ini. Ia juga mengatakan jika nasi tumpeng yang digunakan dalam pencapaian ini tidak hanya berasal dari Pemerintah Kabupaten Karawang, melainkan gabungan dari berbagai badan usaha, mulai dari rumah sakit hingga perusahaan di kawasan industri, turut menyumbangkan tumpeng untuk mendukung pencatatan rekor ini.


Peta Kabupaten Karawang dari Tumpeng

"Tumpeng ini adalah hasil kolaborasi dari berbagai pihak yang memberikan dukungan penuh kepada Karawang dan akan kita berikan kepada masyarakat Kabupaten Karawang juga nantinya," Kata Aep.

Lebih dari sekadar rekor, Aep menekankan bahwa keberhasilan ini membawa berkah bagi banyak pihak, terutama sektor UMKM di bidang kuliner.

Lanjutnya, Tidak hanya menjadi kebanggaan, pemecahan rekor ini juga memberi dampak ekonomi yang positif. Banyak pengusaha katering dan usaha rumahan kebanjiran pesanan nasi tumpeng. 

"Saya mendapatkan laporan bahwa ada usaha rumahan yang mendapatkan 5 hingga 10 pesanan tumpeng dalam sehari. Ini jelas membantu perekonomian lokal, khususnya UMKM," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network