3 Jenis Burung Rangkong Bersarang di Gunung Sanggabuana, Jadi Daya Tarik Fotographer

Bobby
3 Jenis Burung Rangkong Bersarang di Gunung Sanggabuana, Jadi Daya Tarik Fotographer

KARAWANG, iNewskarawang.id - 3 jenis burung Rangkong ditemukan di Gunung Sanggabuana Karawang. Penemuan ini berawal dari laporan masyarakat mengenai adanya burung yang bersarang dan sedang mengeram di dalam hutan Gunung Sanggabuana. 

Diketahui, ketiga jenis burung yang disebut Rangkong itu berjenis Julang Emas, Kangkareng Perut Putih, dan Enggang Cula.

Kemudian warga masyarakat yang berada di wilayah hutan Sanggabuana menjaga sarang burung itu. Mereka berasal dari desa-desa sekitar wilayah Sanggabuana seperti Bogor, Cianjur, Karawang, dan Purwakarta. 

Hal ini diakui warga Desa Mekarbuana yang berprofesi sebagai pencari madu hutan, Lukman dan Nurman. "Menjaga sarang burung di hutan ternyata ada manfaatnya," ujar Nurman saat ditemui di Curug Cigeuntis, Mekarbuana pada Sabtu, (7/10/223).

Menurut Nurman yang baru saja turun dari hutan selama 3 hari memandu, dirinya dihampiri seorang fotografer yang ingin memotret sarang burung rangkong.

"Saya tunjukan sarang burung Rangkong di hutan untuk dipotret. Alhamdulillah, kami mendapat upah yang lumayan, "Kata Nurman didampingi Lukman. 

Sementara itu, Plt. Direktur Eksekutif SCF Deby Sugiri berharap menjaga sarang burung  ini bisa ditiru oleh masyarakat lain di sekitar hutan Sanggabuana dan berharap para pemburu bisa beralih profesi. Selain penghasilannya lumayan besar, mereka bisa terhindar dari jerat hukum. 

“Kita pernah melaporkan pedagang satwa liar dilindungi ke Polres Bogor, mereka sekarang dihukum penjara 2 tahun di Bogor," Ujarnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network