get app
inews
Aa Read Next : 80 dari 100 Ribu Anak Kena Pneumonia, Ini Data Terbaru Diungkap Peneliti Eropa

Kasus Wabah Cacar Monyet Bertambah Jadi 15 Negara

Senin, 23 Mei 2022 | 07:55 WIB
header img
Virus cacar monyet (Foto: Science Photo Library)

Dia mengatakan virus itu sekarang menyebar di masyarakat dengan kasus terdeteksi yang tidak memiliki kontak dengan siapa pun yang telah mengunjungi Afrika Barat, di mana penyakit itu endemik.

Dr Hopkins menjelaskan risiko terhadap populasi umum tetap "sangat rendah", dengan kasus sejauh ini sebagian besar ditemukan di beberapa daerah perkotaan dan di antara pria gay atau biseksual.

Meskipun tidak ada vaksin khusus untuk cacar monyet, beberapa negara mengatakan mereka menyediakan vaksin cacar, yang sekitar 85% efektif dalam mencegah infeksi karena kedua virus tersebut sangat mirip.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, WHO mengatakan bahwa wabah baru-baru ini tidak biasa karena terjadi di negara-negara di mana penyakit itu tidak endemik. Belum jelas mengapa wabah tak terduga ini terjadi sekarang.

Satu kemungkinan adalah bahwa virus telah berubah dalam beberapa cara, meskipun saat ini hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa ini adalah varian baru

Penjelasan lain adalah bahwa virus telah menemukan dirinya di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk berkembang.

Monkeypox juga dapat menyebar lebih mudah daripada di masa lalu, ketika vaksin cacar digunakan secara luas.

Direktur regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, telah memperingatkan bahwa "penularan dapat dipercepat" selama musim panas, ketika orang-orang berkumpul untuk festival dan pesta.

Selain kasus-kasus Eropa, Australia telah mengkonfirmasi bahwa satu orang yang telah melakukan perjalanan ke Inggris tertular virus.

Di Amerika Utara, otoritas kesehatan di negara bagian Massachusetts AS mengatakan seorang pria yang baru-baru ini bepergian ke Kanada telah dites positif terkena virus tersebut.

Badan Kesehatan Masyarakat Kanada mengatakan telah mengidentifikasi dua kasus di Quebec, tetapi mengatakan tidak jelas apakah pelancong AS telah terinfeksi sebelum atau selama kunjungannya ke Montreal.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut