get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Tips Agar Tetap Sehat Selama Ramadhan dan Lebaran

Sabtu, 23 April 2022 | 14:47 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone/ist)

JAKARTA, iNews.id - Ramadhan bisa dijadikan momentum kembali menjalani gaya hidup sehat dan seimbang, demikian pula saat Lebaran.

Pada momen ini seseorang dapat berkomitmen menjalani hidup sehat secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari kebiasaan masak, olahraga dan istirahat yang cukup setiap hari.

Menurut dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, Sp.GK., dokter spesialis gizi klinik dari Good Doctor, di bulan Suci Ramadhan ini kita diajar untuk memiliki kesadaran untuk mengendalikan diri secara menyeluruh, baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi.

“Ini mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental," ujar dr. Vikie dalam keterangan resminya, Sabtu (23/4/2022).

Berdasarkan penelitian, puasa yang dilakukan secara rutin bisa mengontrol kadar gula darah sehingga menekan risiko terjadinya resistensi insulin.

Puasa secara rutin juga memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan. Pada saat berpuasa juga terjadi pembakaran kalori, bahkan penurunan massa lemak sehingga dengan berpuasa dapat mencegah obesitas. Alhasil metabolisme tubuh jadi lebih efisien untuk membakar kalori dalam tubuh.

"Jangan mau hanya menikmati manfaat kesehatan ini hanya di bulan Ramadan, tapi lakukan juga secara konsisten setelahnya," ujar dr. Vikie.

Mengenai momen Hari Raya Idul Fitri, dr. Vikie memberikan tips agar tetap mampu mengendalikan diri, seperti mengontrol asupan kalori hingga makan sesuai dengan jamnya,  berikut ini:

1. Meski Idul Fitri hari spesial tapi tetaplah makan sesuai jam makan dengan makan besar tetap tiga kali yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.

2. Saat menyantap hidangan Idul Fitri, pilihlah makanan yang berserat tinggi sebagai pembuka. Makanan berserat tinggi dapat memperlambat pencernaan makanan, sehingga seseorang akan merasa kenyang lebih lama.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut