get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mari Hidup Sehat, Begini 10 Tips Kurangi Makanan Olahan

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 17:05 WIB
header img
Ilustrasi makanan olahan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai makanan olahan. Makanan olahan dapat ditemukan dimana saja, contohnya di Restoran. Makanan olahan adalah makanan yang terbuat dari serangkaian proses dan bahannya seperti garam, gula, minyak, lemak dan lainnya.

Namun, makanan olahan di sisi lain sarat dengan garam, gula, aditif, dan pengawet, yang dapat membahayakan kesehatan. Mengurangi asupan makanan olahan ini adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kualitas diet.

Sebelum ketagihan, konsumsi makanan olahan sehari-hari harus dikurangi dan dibatasi. Bagaimana caranya? Merangkum Healthline, berikut Rabu (19/10/2022) berikut paparan 10 tips mengurangi kebiasaan konsumsi makanan olahan agar hidup lebih sehat.

1. Simpan camilan sehat di tangan: Selalu buat cadangan untuk camilan sehat di rumah, sebelum habis. Beberapa camilan sehat ini termasuk buah segar, kacang campuran, edamame, atau sayuran. Jika Anda memiliki waktu ekstra, Anda juga dapat menyiapkan beberapa makanan ringan sederhana terlebih dahulu, seperti telur rebus atau keripik kale. Dengan ini kita bisa menjauhi makanan-makanan olahan yang sangat menggoda.

2. Konsumsi biji-bijian utuh: Tukar biji-bijian olahan seperti pasta putih, nasi, roti, dan tortilla dengan alternatif gandum utuh, seperti nasi merah dan pasta gandum utuh, roti. Tidak hanya lebih tinggi nutrisi penting seperti serat, tetapi biji-bijian utuh seperti ini juga terbukti melindungi kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

3. Kreasi sendiri: Coba resep-resep baru dengan tetap menggunakan bahan-bahan sehat, berupa sayur-sayuran, atau bisa juga membuat minuman dari buah-buahan, atau cemilan manis termasuk puding chia, atau granola bar.

4. Minum lebih banyak air mineral: Minuman manis seperti soda, teh manis, jus buah, dan minuman olahraga memang enak tapi mengandung gula dan kalori tinggi dan rendah nutrisi. Secara bertahap yuk mulai tukar minuman ini, dengan air mineral sepanjang hari.

5. Siapkan makanan sehat dalam porsi besar: Menyiapkan makanan dalam jumlah besar sekali atau dua kali setiap pekan, memastikan kita punya stok banyak makanan bergizi yang siap di lemari es. Bisa jadi solusi cepat tapi tetap sehat ketika kita sudah tak punya waktu untuk memasak.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut