get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Pemkab Karawang ^Darurat^ Armada Pemadam Kebakaran

Senin, 07 Maret 2022 | 16:12 WIB
header img
Pos siaga kebakaran Karawang. (Foto: iNews Karawang/ist)

KARAWANG, iNews.id - Pemerintah Daerah Karawang hanya memiliki 9 unit mobil pemadam kebakaran yang tersebar di 6 pos siaga kebakaran. Padahal, luas wilayah Kabupaten Karawang 1.753,27 Km2 atau 175.327 Ha, atau 3,73 % dari luas Propinsi Jawa Barat.

Untuk itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Karawang, Danu Hamidi meminta, Pemda Karawang segera menambah unit mobil kebakaran dan pos siaga kebakaran.

"Pemkab Karawang harus segera realisasikan penambahan pos dan mobil damkar. Bagiamana dengan jumlah penduduk yang hari ini sudah 2,3 juta jiwa. Kemudian wilayah-wilayah kawasan industri, perdagangan, pemukiman, juga pasar," ucap dia, Senin, (7/3).

Selain itu, ia juga meminta Pemda Karawang segera melakukan pemetaan pos siaga kebakaran. Khususnya, di Kecamatan maupun Desa padat penduduk.

"Misalnya, titik antar pos damkar harus dapat menjangkau radius tempat kebakaran dalam waktu beberapa menit. Karena sudah jelas, kita engga bisa mengandalkan pihak lain dalam penanggulangan bencana kebakaran ini," jelas Danu.

Saat dihubungi, Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepulloh mengatakan, pihaknya akan melakukan pembelian unit mobil damkar pada 2022.

"Untuk bangun pos belum, tapi kita sudah rencanakan penambahan unit damkar kita mau beli yang 10 ban," beber dia.

Memang, kata Aep, jumlah pos dan unit damkar masih minim. Tetapi, pemerintah terbantu dengan ada pos dan unit Damkar milik kawasan industri.

"Setiap kawasan industri supporting pemerintah daerah jika memerlukan damkar. Karena tiap kawasan industri punya mobil damkar," katanya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut