get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

PHE ONWJ Gelar Pelatihan Intensif Kesehatan Ibu dan Anak di Cibuaya

Kamis, 08 Agustus 2024 | 13:33 WIB
header img
PHE ONWJ Gelar Pelatihan Intensif Kesehatan Ibu dan Anak di Cibuaya (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Berkolaborasi dengan Yayasan Pantura Lestari Mandiri (Paleman), PHE ONWJ menggelar pelatihan intensif kesehatan ibu dan anak untuk para kader posyandu Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Selasa,(30/7/2024).

Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ, R. Ery Ridwan menuturkan program ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi stunting, dan meningkatkan kesehatan masyarakat. 

Mengingat, angka stuntung di Kabupaten Karawang pada Februari 2023, mencapai 2.779 anak. Di Desa Sedari sendiri, kasus stunting mencapai 25 anak, gizi buruk 1 anak, gizi kurang 15 anak, dan ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK) 3 orang.

"Program penanggulangan stunting dan gizi buruk sudah dijalankan PHE ONWJ sejak 2022. Pada 2023, 66 kader posyandu dari 5 desa pesisir di Karawang telah mendapatkan pelatihan serupa. Dan di tahun 2024 ini, Perusahaan menarget 91 kader posyandu dari tiga desa di Karawang," Ungkap Ery.

"Di Desa Sedari, ada sebanyak 35 kader posyandu yang ikut serta dalam pelatihan ini, dengan fokus permasalahan stunting," Imbuhnya.

Dalam pelatihan intensif ini, kata Ery, para kader mendapatkan pengetahuan mendalam tentang tanda-tanda stunting berikut penanganannya, menyusun menu makanan bergizi, serta pentingnya pemberian ASI eksklusif. 

Hal itu dilakukan Sebagai bentuk dukungan nyata, PHE ONWJ juga menyerahkan meja dan kursi portabel kepada beberapa posyandu di Desa Sedari. Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu. 

"Selain itu, mereka juga dilatih menggunakan alat ukur untuk memantau pertumbuhan anak secara berkala. Hadir mengisi materi, antara lain tim kesehatan Puskesmas setempat, dan tenaga pengajar dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika)," Jelasnya.

Lebih lanjut, kata Ery, Selain di Sedari Karawang, tahun ini, pihaknya juga akan melakukan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan sosialisasi kesehatan di Desa Sumberjaya dan Sukajaya Karawang. Kegiatan serupa juga akan dilakukan di Kabupaten Indramayu dengan harapan memberikan dampak positif bagi masyarakat.
 
"Kami berharap dengan pelatihan ini, para kader dapat lebih percaya diri dan efektif dalam menjalankan tugas mereka, sehingga dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi kesehatan ibu dan anak di Desa Sedari," Tuturnya.
 
Sementara itu, mewakili Pemerintah Desa Sedari dan Kepala Puskesmas Cibuaya, dr. Eva Nurhasanah mengapresiasi PHE ONWJ dan Yayasan Paleman atas kontribusi mereka dalam membantu program pengentasan stunting. 

"Niat baik PHE ONWJ ini penting untuk mengoptimalkan peran kader posyandu, demi menyehatkan generasi masa depan kita,” kata Eva.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut