get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Program Kampung Tangguh, Dinas Perikanan Karawang Beri Bantuan Benih Ikan

Sabtu, 12 Februari 2022 | 07:49 WIB
header img
Program kampung tangguh, pembudidayaan ikan. (Foto: iNews Karawang/ist)

Karawang, iNews.id - Dalam upaya membantu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di masa pandemi covid-19, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang beri bantuan benih ikan kepada masyarakat.

Ditemui di kantor Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Abu Bukhori mengatakan, pemberian benih ikan tersebut merupakan bentuk realisasi program kampung tangguh.

"Program itu sendiri merupakan pemanfaatan pekarangan rumah atau lahan desa yang terbengkalai menjadi kolam ikan permanen ataupun kolam ikan terpal,"ujarnya, Jumat, (11/2/2022).

Tambahnya, program ini dikhususkan untuk kelompok masyarakat atau perorangan yang ingin memulai membudidaya ikan dengan memanfaatkan lahan di sekitar lingkungan mereka.

"Program Kampung Tangguh ini dikhususkan untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 yang ingin memulai membudidaya, bukan untuk pembudidaya lama,"jelasnya.

Dalam implementasinya, ia mengatakan dalam setahun ada lebih dari 15 kelompok masyarakat yang mengajukan program kampung tangguh tersebut dan bantuan benih yang diberikan sekitar 10.000 ekor per kelompok.

"Jenis ikannya beragam, tapi rata-rata yang diminta itu benih ikan Nila dan ikan Lele. Selain dari Pemerintah Daerah, pemberian benih ikan tersebut juga dibantu oleh Provinsi atau Pusat,"ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa masyarakat harus lebih memanfaatkan program tersebut untuk ketahanan pangan mereka.

"Semoga masyarakat bisa memaksimalkan pemanfaatan program kampung tangguh ini, mengingat selain untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka, hasil panen ikan ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi," pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut