get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Aliansi Mahasiswa UBP Deklarasi Pemilu Tanpa Kecurangan

Jum'at, 09 Februari 2024 | 11:17 WIB
header img
Aliansi Mahasiswa UBP Deklarasi Pemilu Tanpa Kecurangan (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Puluhan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang tergabung dalam aliansi mahasiswa UBP Karawang menggelar deklarasi pemilu tanpa kecurangan di halaman kampus UBP Karawang, Kamis,(8/2/2024).

Ketua BEM FH UBP Karawang, Silvan Daniel Sitorus selaku koordinator aksi deklarasi mengatakan jika Kemunduran demokrasi dan indikasi kecurangan-kecurangan jelang pemilu 2024 menjadi pemicu digelarnya deklarasi tersebut.

"Kesadaran akan Kemunduran demokrasi dan indikasi kecurangan-kecurangan jelang pemilu 2024 harus disuarakan, jangan dibiarkan begitu saja," Ungkap Silvan, Kamis,(8/2/2024).

Selain itu, Ia juga menyebut jika deklarasi pemilu damai 2024 yang dilakukan para jajaran Rektorat dan Dosen UBP kurang tajam dan terkesan mencarinya cari aman saja.

"Saya rasa ada yang cari aman dalam deklarasi tersebut, seharunya kampus sebagai wadah yang diisi oleh orang orang intelektual bisa lebih tajam dan berani mengkritik rezim Jokowi yang telah mempermainkan hukum dan Demokrasi sekarang" ujarnya

Dalam deklarasi tersebut para mahasiswa menyampaikan 5 poin penyataan sikap pemilu tanpa kecurangan, yakni ;

1. Mengecam segala tindakan Pemerintahan yang berupaya melegitimasi kepentingan segelintir elit maupun individu melalui penyalahgunaan kekuasaan.

2.Mengingatkan Aparat negara baik Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian Republik Indonesia Indonesia (POLRI) agar selalu bersikap netral dan tidak memihak pada pihak-pihak tertentu.

3. Menyerukan seluruh mahasiswa dan masyarakat agar berani Melawan segala pihak yang melakukan perilaku melanggar dan Mengintimidasi sehingga menyebabkan pemilu curang, tidak adil dan tidak demokratis.

4. Meminta kampus Buana Perjuangan Karawang, agar menjaga data mahasiswa dan tidak membocorkannya untuk kepentingan politik segelintir pihak.

5. Mengajak seluruh Mahasiswa UBP Karawang dan masyarakat Kabupaten Karawang khususnya agar turut mengawal demokrasi dan mengawasi proses pemungutan suara Pemilu sebagai upaya preventif terjadinya kecurangan.

Ia juga berharap dengan adanya deklarasi pemilu tanpa kecurangan itu dapat menyadarkan dan menggerakan hati masyarakat agar terus mengawal perjalanan pemilu 2024.

"Denggan deklarasi ini kami berharap pemilu 2024 berjalan dengan lancar, damai tanpa kecurangan dan penggunaan fasilitas fasilitas negara untuk kampanye yang menguntungkan untuk kelompok tertentu dalam pemilu sekarang" Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut