get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

10 LPK di 3 Kecamatan Karawang Dapat Kunjungan dari Disnakertrans

Selasa, 30 Januari 2024 | 15:27 WIB
header img
10 LPK di 3 Kecamatan Karawang Dapat Kunjungan dari Disnakertrans (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabupaten Karawang, Melalui Bidang Pelatihan dan Produktivitas, melakukan tinjauan di 10 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta dalam negeri, di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Barat dan Klari.

Lembaga Pelatihan Kerja merupakan suatu lembaga yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan pelatihan kerja. yang berkompotensi, produktifitas, memiliki ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan ijin yang dimilikinya.

Pembinaan Lembaga Pelatihan Kerja dimaksudkan untuk melihat penyelenggaraan pelatihan yang berbasis kompetensi, ketersediaan sarana dan fasilitas, Instruktrur serta melihat penerapan metode system pelatihan.

Kepala Bidang Bina Pelatihan dan Produktivitas, Puspita Wulansari, SH.,MH,  menyampaikan bahwa kedatangannya beserta jajaran tersebut ingin memonitoring langsung pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut.

"Kegiatan Monitoring ini untuk memastikan Ketaatan (compliance), menentukan apakah tindakan staf dan semua yang terlibat mengikuti standar dan prosedur yang telah ditetapkan kemudian terkait pembinaan LPK swasta yang sesuai dengan peraturan perundangan dan yang aktif serta mensinergikan dengan pemerintahan agar LPK swasta di Kabupaten Karawang berintegritas dan berkompeten, meminimalkan LPK yang tidak bertanggung jawab ," kata Kepala Bidang Bina Pelatihan dan Produktivitas, Puspita Wulansari, SH.,MH.

Wulan pun menambahkan, dari hasil kunjungan 10 lembaga pelatihan kerja, ada beberapa hasil yang diperoleh, dimana itu menjadi catatan untuk bisa segera mendapat perbaikan.

"Hasil yang kami temukan dalam kegiatan monitoring LPK swasta tersebut diantaranya ada satu LPK tidak aktif dan tempat sudah tidak dipergunakan atau kosong, yaitu LPK Inti Panca Senada, terdapat dua LPK yang bekerja sama dengan Perusahaan, tetapi tidak melaporkan pemagangan di antara nya LPK Mutiara Harlito Makmur dan LPK Foresight Global dan terdapat satu LPK yang harus upgrade perizinan berbasis resiko yaitu LPK Bintang Abadi Angkasa," jelas Wulan.

Melihat hasil yang ditemukan, rencananya kedepan akan kembali dilakukan monitoring seluruh LPK Swasta dalam negeri di Kabupaten Karawang.

"Untuk sisa dari LPK Swasta dalam negeri se Kabupaten Karawang sudah dijadwalkan kunjungan semua," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut