get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

KPU Karawang Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara, Terjunkan 250 Petugas Sorlip

Jum'at, 12 Januari 2024 | 12:53 WIB
header img
KPU Karawang Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara, Terjunkan 250 Petugas Sorlip (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang telah memulai proses sortir dan lipat surat suara pemilu 2024 pada Jumat, (12/01/2024) di gudang penyimpanan logistik milik KPU Karawang

Dikatakan Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana, sebanyak 9 juta surat suara akan disorlip oleh 250 petugas sebelum nantinya di distribusikan menjelang pemilu 2024 berlangsung.

Ia mengatakan, masa sortir dan lipat surat suara ini ditargetkan selesai dalam waktu 10 hari hingga 14 hari dengan target perhari menyelesaikan 900 ribu surat suara.

"Karena kita mengejar waktu untuk pengesetan dan pendistribusian, maka proses sorlip ini harus selesai tepat waktu, untuk itu kita kerahkan petugas sorlip sesuai dengan perhitungan," paparnya.

Mari melanjutkan, untuk mencegah kehilangan surat suara, petugas sorlip juga diberi aturan khusus saat berada di tempat penyortiran, seperti dilakukan body checking saat keluar-masuk tempat penyortiran, hingga tidak boleh membawa handphone saat sedang bekerja.

"Jadi ada petugas khususnya untuk melakukan body checeking, itu dilakukan agar jangan sampai nanti ketika mereka keluar atau masuk ada kertas suara yang terbawa, tidak boleh juga ada yang mendokumentasikan surat suara, makanya petugas hanya diperbolehkan membawa alat kerja saja," tuturnya.

Selain itu ia juga mengingatkan agar petugas sortir teliti saat bekerja, karena ada beberapa kriteria surat suara yang layak untuk dilanjutkan pelipatan.

"Yang layak itu gambar dan warnanya terlihat jelas, baik itu logo parpol maupun gambar calon presiden dan wakil presiden serta gambar calon DPD. Sementara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten yang harus jelas itu logo parpol, nama dan nomor urut calonnya," tegasnya 

Sementara itu jika ada surat suara yang kondisinya ada sobek, atau kotor dengan kategori parah, maka tidak boleh dilanjutkan proses pelipatan.

"Tadi kami sudah arahkan kalo ada yang tidak layak harus dipisahkan, jangan dilanjutkan ke proses pelipatan," tuturnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut