get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Tambah Lokasi dan Petugas, Sorlip Surat Suara Pemilu 2024 di Karawang Selesai Sesuai Target

Rabu, 24 Januari 2024 | 20:40 WIB
header img
Tambah Lokasi dan Petugas, Sorlip Surat Suara Pemilu 2024 di Karawang Selesai Sesuai Target (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang telah menyelesaikan proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara pemilu 2024 pada Sabtu, (20/1/2024) kemarin. Guna mencapai target itu, KPU Karawang terpaksa menambah 2 titik lokasi dan 450 petugas sorlip.

Dikatakan Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana, pihaknya menambah 2 lokasi sorlip dengan dasar rekomendasi dari KPU Jawa Barat dan intruksi KPU RI yang mengharuskan proses solip selesai pada Sabtu, (20/1/2024).

Atas dasar itu pihaknya kemudian berkordinasi dengan Bawaslu dan Kepolisian untuk menentukan tempat yang aman digunakan lokasi tambahan sorlip surat suara.

"Dari hasil koordinasi itu akhirnya diputuskan memakai aula Disdikpora dan aula Kecamatan Karawang timur karena lokasinya dekat dengan gudang kami. Proses pemindahannya juga dikawal polisi" Tuturnya.

Surat suara yang disorlip di lokasi tambahan ini hanya surat suara DPRD Kabupaten saja, sementara surat suara lain sudah selesai disorlip di gudang KPU Karawang.

Sementara itu Mari menyebut proses sorlip belum sepenuhnya selesai karena masih menunggu perbaikan surat suara yang rusak.

"Belum sepenuhnya selesai karena ada surat suara yang rusak, memang ga banyak sekitar 1% saja dari total keseluruhan, dan itu tinggal menunggu selesai cetak kemudian kami ambil di akhir bulan ini," Ungkapnya.

Sebagai informasi, penambahan lokasi sorlip bukan hanya dilakukan oleh KPU Karawang saja, hal serupa juga dilakukan oleh KPU Kabupaten lain seperti Bekasi dan Purwakarta.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut