get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Diperlukan Penyesuaian Anggaran Perubahan di SOTK Pemkab Karawang

Senin, 24 Januari 2022 | 19:49 WIB
header img
Ketua Komisi I DPRD Karawang, Budianto. (Foto: iNews Karawang/ist)

Karawang, iNews.id - Adanya perubahan struktur organisasi di sejumlah Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang tentunya memerlukan penyesuaian, khususnya dalam hal anggaran. Demikian dikatakan Ketua Komisi I DPRD Karawang, Budianto, Senin (24/1/2022).

Menurut Budianto, terkait perubahan SOTK, perlu ada tindak lanjut. Jadi jangan hanya dibentuk saja, namun penerapan anggaran juga harus menyesuaikan.

Misalnya saja, ada perubahan SOTK itu terjadi di Dinas PRKP, terus sekarang ada di Dinas LH, tentu anggaran juga harus pindah ke Dinas LH. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja.

Ditegaskan Budianto, perubahan struktur juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja Perangkat Daerah agar lebih optimal dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Jangan sampai adanya tambahan tugas dan kewenangan justru malah membuat kinerja melemah,"terang Budianto.

Menurut Budianto, strukturnya, yang terpenting memberikan pelayanan terhadap masyarakat harus diprioritaskan. Tentunya dalam hal ini perangkat daerah harus bekerja maksimal dalam merealisasikan visi misi bupati dan wakil bupati yang sudah tertuang dalam RPJMD.

"Sinergitas antar Perangkat Daerah serta kewenangan masing-masing struktur harus ditingkatkan. Sebab, hal itu akan sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil pembangunan yang dilakukan,"kata Budianto.

Ditambahkan, sinergitas antar perangkat daerah juga sama pentingnya. Ini harus terus ditingkatkan agar tugas dan kewenangan di masing-masing dinas bisa diselaraskan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut