get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Marak Begal Anak, Komnas PA Minta Polres Karawang Konsisten Berantas Peredaran OKT

Kamis, 24 Agustus 2023 | 17:47 WIB
header img
Maraknya Kasus Pembegalan Anak di Karawang: Faktor Asuh Keluarga, Pergaulan, dan Peredaran Miras serta OKT Dalam Sorotan. (Foto: iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Maraknya kasus begal yang melibatkan anak di bawah umur mengundang perhatian publik. Sejumlah kasus pembegalan sadis di Karawang yang melibatkan anak sebagai korban maupun pelaku disebut dampak dari mudahnya akses mendapatkan miras dan Obat Keras Tertentu (OKT).

Menurut Komisioner Komnas Perlindungan Anak, Wawan Wartawan, awal mula kenakalan anak diawali dari pola asuh keluarga dan faktor pergaulan.

"Keluarga itu jadi benteng utama, itu yang kemungkinan besar akan membentuk karakter anak. Kemudian pergaulan juga bisa mempengaruhi prilaku anak, jika lingkungan pergaulannya negatif, anak juga akan negatif," kata Wawan.

Wawan menjelaskan, maraknya kasus begal yang melibatkan anak diduga masih berhubungan dengan maraknya peredaran minuman keras (miras) dan obat keras tertentu (OKT).

"Anak yang terlibat pembegalan itu bisa jadi karena mengkonsumsi miras atau obat keras tertentu, makanya dia jadi berani melakukan hal-hal diluar nalar," ucapnya.

Wawan juga mengaku sangat prihatin dan berbela sungkawa kepada korban-korban begal anak. Apalagi tidak sedikit yang mengalami kecacatan fisik bahkan meninggal dunia.

Dari peristiwa itu, Wawan meminta agar Polres Karawang dapat mencegah terjadinya pembegalan, serta terus mengusut kasus peredaran OKT yang saat ini sedang marak di Karawang.

"Saya sangat apresiasi kinerja Polres Karawang yang akhir-akhir ini banyak mengungkap kasus peredaran OKT, harapan saya polisi tetap konsisten memberantas peredaran OKT, karena itu bisa merusak mental anak" tutupnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut