get app
inews
Aa Read Next : Minuman Ini Cocok untuk Penderita Diabetes Dapat Turunkan Gula Darah

Buah Apa Saja yang Dapat Turunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi ?

Jum'at, 21 Juli 2023 | 21:18 WIB
header img
Terdapat buah-buahan yang bisa menurunkan kadar gula darah tinggi. Foto/Freepik

JAKARTA, iNewskarawang.id - Pola makan adalah bagian paling penting untuk mengontrol kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita pradiabetes, diabetes, gula rendah, ataupun kondisi lain yang memengaruhi gula darah.

Selain itu faktor seperti masalah berat badan, aktivitas fisik, stres, dan genetika juga berperan dalam menjaga kadar gula darah. Diet sehat tetap sangat penting dilakukan untuk mengontrol gula darah. 
 
Berikut ini buah-buahan yang bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi, seperti dilansir dari laman Healthline, Kamis (20/7/2023).

1. Alpukat

Selain memiliki tekstur lembut dan rasanya yang legit, alpukat juga menawarkan manfaat dalam hal pengaturan kadar gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Menambahkannya ke makanan telah terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi diri dari perkembangan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis. 

2. Apel

Apel mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan seperti quercetin, asam klorogenat, dan asam galat yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi diri dari diabetes. 

Meskipun konsumsi buah total telah terbukti menurunkan risiko diabetes, namun makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah sekaligus mengurangi risiko terkena diabetes. 

Sebuah studi yang menguji 187 ribu orang menemukan bahwa asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah. Lebih lanjut, sebuah penelitian pada 18 wanita menemukan bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi dapat secara signifikan mengurangi gula darah setelah makan.

3. Jeruk

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk dianggap buah dengan glikemik rendah karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lain seperti semangka dan nanas.

Jeruk mengandung serat serta senyawa tanaman seperti naringenin dan polifenol yang memiliki sifat antidiabetik yang kuat. Makan buah jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan melindungi dari perkembangan diabetes. 

4. Buah Berry

Sejumlah penelitian menyatakan, asupan buah berry baik untuk meningkatkan kontrol gula darah. Buah beri kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, serta merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa makan dua cangkir atau setara 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan, dapat mengurangi insulin pascamakan dan gula darah pada orang dewasa dengan pradiabetes, dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin serta pembersihan glukosa dari darah.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut