get app
inews
Aa Read Next : Rutin Minum Kopi Disebut Bisa Sembuhkan Diabetes Viral, Ini Faktanya!

Minuman Ini Cocok untuk Penderita Diabetes Dapat Turunkan Gula Darah

Minggu, 16 Juli 2023 | 18:27 WIB
header img
Minuman yang cepat menurunkan gula darah cocok untuk penderita diabetes. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi kronis ditandai dengan kenaikan kadar gula darah. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewskarawang.id - Bagi penderita diabetes yang tengah berjuang melawan penyakitnya tidak perlu khawatir karena ada minuman yang cocok dan cepat menurunkan gula darah.
Namun untuk  Diabetes tipe 2 sendiri merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan kenaikan kadar gula darah.

Perlu diketahui jika Anda rentan terhadap kadar gula darah tinggi, ada minuman yang cepat menurunkan kadar gula darah yang melonjak. Satu minuman bisa dibilang mengalahkan yang lain dalam hal ini dan itu adalah air.

“Karena air tidak mengandung karbohidrat atau kalori, itu adalah minuman yang sempurna untuk penderita diabetes," kata Diabetes.co.uk dilansir dari Express, Sabtu (15/7/2023).

Penelitian juga menunjukkan bahwa air minum dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah (gula). Diabetes.cok.uk menjelaskan tubuh penderita diabetes membutuhkan lebih banyak cairan saat kadar glukosa darah tinggi.

"Hal ini dapat menyebabkan ginjal mencoba mengeluarkan kelebihan gula melalui urine,” jelas Diabetes.co.uk.

Air tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah. Itulah sebabnya sangat bermanfaat untuk diminum ketika penderita diabetes memiliki gula darah tinggi, karena memungkinkan lebih banyak glukosa dikeluarkan dari darah.

Perlu diketahui bahwa memiliki kadar glukosa darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi, yang merupakan risiko bagi penderita diabetes. Adapun cara menurunkan gula darah dengan mengurangi karbohidrat yang menempati peringkat tinggi pada indeks glikemik (GI).

GI adalah sistem peringkat untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi kadar gula darah (glukosa) Anda ketika makanan itu dimakan sendiri.

Karbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan glukosa darah yang cepat memiliki peringkat GI yang tinggi. Sementara itu, makanan GI tinggi meliputi minuman ringan mania, roti putih, kentang, dan nasi putih.

Sedangkan makanan GI rendah atau sedang, di sisi lain, dipecah lebih lambat dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap dari waktu ke waktu. Ini termasuk beberapa buah dan sayuran, kacang-kacangan dan makanan gandum utuh, seperti gandum bubur.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut