get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

3 Minuman Olahan Buah dan Sayuran yang Ampuh Turunkan Gula Darah Dengan Cepat

Sabtu, 26 November 2022 | 16:51 WIB
header img
Jus Penurun Kolestrol (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Tahukah Anda, fungsi dari kolestrol adalah untuk melindungi saraf dan membuat jaringan sel atau hormon. Terdapat dua jenis kolesterol, yakni Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. 

Kolesterol sangat penting dalam tubuh, namun jika kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak atau sumbatan dalam pembuluh darah. Penyumbatan yang tak kunjung diobati dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung bahkan stroke. 

Oleh sebab itu, perlu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Umumnya, jika kolesterol tinggi dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kolesterol. Akan tetapi tak sedikit penderita yang juga berusaha mengobati secara alami dengan konsumsi makanan maupun minuman sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi jus secara teratur. 

Lantas, apa saja jus penurun kolesterol paling cepat yang wajib diketahui? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone dari berbagai sumber berikut ini. 

Jus tomat 

Tomat adalah buah yang kaya akan senyawa likopen. Likopen merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL "jahat". 

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya. Jus tomat juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niasin. 

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan di sciencedirect pada 2015 menemukan bahwa 25 wanita yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol darah. Para peserta berusia 20-30 tahun dan memiliki skor indeks massa tubuh minimal 20. 

Jus delima 

Jus delima diketahui mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada banyak jus buah lainnya. Tak hanya itu, jus satu ini mengandung antioksidan hampir tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah. Antioksidan sendiri dianggap memberikan beberapa manfaat melindungi jantung, termasuk mengurangi kolesterol jahat. 

Jus Jeruk 

Jus jeruk mengandung sejumlah besar flavonoid, terutama hesperidin. Senyawa flavonoid dapat membantu menurunkan kadar serum kolesterol jahat. 

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada 2013 bahwa konsumen jus jeruk jangka panjang memiliki kadar kolesterol total, kolesterol jahat, rasio apo B dan LDL atau HDL yang lebih rendah dan peningkatan folat dan vitamin C dalam makanan mereka.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 3 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Wajib Diketahui

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut