get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Penjelasan Mengapa Buah dan Sayur Harus Dicuci Sebelum Dikonsumsi

Minggu, 23 April 2023 | 18:50 WIB
header img
Sayur. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Makanan yang terdiri dari buah dan sayur memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika tidak diolah dengan benar, makanan tersebut masih dapat menyebabkan penyakit.

Kementerian Pertanian melaporkan melalui akun Instagram resminya bahwa Center for Disease Control and Prevention (CDC) atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, menyarankan agar buah dan sayur dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan kotoran dan bakteri seperti e-coli, listeria, dan salmonella.

Jika buah dan sayur tidak dicuci dengan benar sebelum diolah dan dikonsumsi, hal tersebut dapat menyebabkan keracunan pada orang yang mengonsumsinya, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya.

Dirangkum, Jumat (21/4/2023) berikut ini adalah beberapa tips untuk mencuci buah dan sayur yang dibagikan oleh Kementerian Pertanian.

1. Sebelum mencuci buah dan sayur, cucilah tangan anda terlebih dahulu.

2. Setelah tangan anda bersih, letakkan buah dan sayur dibawah air mengalir dingin dan pastikan semua bagian terkena air. Proses ini membantu menghilangkan pestisida dan kotoran pada permukaan buah dan sayur.

3. Lalu, jika buah dan sayur berbentuk padat seperti apel, timun, dan kentang gunakanlah sikat berbulu kaku untuk menghilangkan kotoran. Sedangkan untuk buah dan sayur yang berbahan lunak cukup gunakan jari untuk membersihkannya.

4. Setelah dicuci, keringkan buah dan sayur menggunakan handuk bersih atau kain khusus untuk membersihkan dan menghilangkan bakteri lebih lanjut.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut