Logo Network
Network

Dear Penderita Asam Urat, Hindari 6 Makanan ini Agar Nyeri Tak Kambuh

Wulansari Listya , Okezone
.
Jum'at, 16 Desember 2022 | 13:53 WIB
Dear Penderita Asam Urat, Hindari 6 Makanan ini Agar Nyeri Tak Kambuh
Ilustrasi bayam. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Asam urat merupakan salah satu penyakit sendi yang menimbulkan rasa nyeri ataupun sakit berkepanjangan. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan pola makan yang sehat.

Penderita asam urat sebaiknya mengubah gaya hidup terutama pola makan agar penyakit tersebut tidak kambuh dan memburuk. Mengingat zat yang menyebabkan asam urat adalah purin, maka penderita asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung zat tersebut.

Untuk memaksimalkan penyembuhan asam urat, sebaiknya mengetahui beberapa makanan pantangan asam urat yang mengandung banyak purin. Berikut 6 makanan pantangan untuk penderita asam urat yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022). 

1. Bayam

Meski bayam adalah sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi sehat, makanan ini termasuk tinggi purin. Bayam penting untuk dihindari oleh penderita asam lemak sebab mengandung 57 gram purin setiap 100 gram bayam menurut table makanan AcuMedico.

2. Jeroan

Makanan ini memang banyak ditemui di Indonesia, salah satunya dalam soto. Namun jeroan harus dihindari karena mengandung purin yang sangat tinggi. Yang termasuk dalam jeroan adalah usus, hati, limpa, otak, paru, jantung, dan ginjal.

3. Daging merah

Sejumlah katogeri daging merah menjadi makanan pantangan asam urat karena dianggap mengandung zat purin yang tinggi. Daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing. daging domba, daging kuda, daging angsa, dan daging bebek sebaiknya jangan dikonsumsi untuk penderita asam urat.

4. Seafood

Makanan laut adalah salah satu penyebab asam urat karena mengandung purin. Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi mengandung purin yang tinggi. Hal ini juga berlaku pada seafood kalengan.

5. Gula

Gula sebaiknya dihindari oleh penderita asam lemak meski mengandung purin yang rendah. Konsumsi gula yang berlebihan juga tidak baik sebab mendatangkan banyak penyakit seperti diabetes, obesitas, dan memperburuk gejala asam urat.

6. Durian

Makanan yang banyak disenangi oleh warga Indonesia ini ternyata bisa memperburuk penyakit asam urat. Durian mengandung kolestrol yang sangat tinggi. Oleh karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi durian agar tidak terjadi komplikasi dari penyakit asam urat.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini