get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara

Sabtu, 22 April 2023 | 17:49 WIB
header img
Ilustrasi

3. Turki

Pada saat Lebaran di Turki, umat Muslim akan berkunjung ke makam keluarga mereka untuk memberikan penghormatan dan berdoa. Masyarakat Turki juga akan menyiapkan hidangan khas Lebaran, seperti kebab dan baklava.

Biasanya, pada hari pertama Idul Fitri, akan diselenggarakan festival permen atau seker bayrami. Dalam tradisi ini, anak-anak akan mendapatkan permen atau uang yang dibungkus dengan sapu tangan.

4. Pakistan

Idul Fitri di Pakistan dikenal dengan nama Chotti atau Meethi dan dirayakan selama 3 hingga 4 hari. Tradisi lebaran di Pakistan dimulai dengan menyiapkan hidangan khas lebaran seperti sheer khurma dan kebab. Selain itu, masyarakat Pakistan juga akan mengunjungi keluarga dan teman-teman mereka pada saat Lebaran.

Bukan hanya menyajikan hidangan lezat, masyarakat Pakistan juga akan mengenakan baju baru. Kaum wanita Pakistan biasanya akan menggunakan perhiasan, terutama gelang yang terbuat dari kaca halus.

Anak-anak di Pakistan akan menerima uang dari orang yang lebih tua. Tradisi ini sudah lama dijalankan dan lestari secara turun-temurun.

5. Singapura

Lebaran di Singapura disebut Hari Raya Aidilfitri dan dirayakan oleh komunitas Muslim yang tinggal di sana. Pada hari pertama Lebaran, umat Muslim di Singapura pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Kemudian, mereka berkunjung ke rumah kerabat dan tetangga untuk saling meminta maaf dan bertukar hadiah.

Di samping itu, terdapat tradisi khusus di Singapura seperti mempersembahkan “duit raya” atau uang Lebaran kepada anak-anak. Melansir Visit Singapore, tradisi mengenakan baju baru di hari raya juga masih dijalankan di Singapura.

6. Mesir

Lebaran di Mesir dirayakan selama tiga hari. Pada hari pertama, umat Muslim di Mesir pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

Setelah itu, dilanjutkan dengan berkunjung ke rumah kerabat dan tetangga untuk saling meminta maaf dan bertukar hadiah. Keluarga di Mesir akan berkumpul untuk memasak makanan khas, yang kemudian dibagikan kepada tamu yang berkunjung.

7. Nigeria

Lebaran di Nigeria dikenal dengan sebutan "Sallah" dan dirayakan oleh komunitas Muslim di seluruh Nigeria. Pada hari pertama Lebaran, umat Muslim di Nigeria pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Idul Fitri lalu mengunjungi rumah keluarga untuk bermaaf-maafan.

Terdapat tradisi khusus di Nigeria ketika Lebaran, seperti memberikan “sala” atau uang Lebaran kepada anak-anak.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut