get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara

Sabtu, 22 April 2023 | 17:49 WIB
header img
Ilustrasi

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Idul Fitri atau lebaran merupakan saat yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perayaan lebaran dihadiri dengan sukacita yang berlimpah. Setiap komunitas atau negara memiliki kebiasaan yang berbeda dalam merayakan lebaran.

Salah satu tradisi yang lazim terjadi adalah mudik atau pulang kampung menjelang lebaran untuk merayakan hari spesial bersama keluarga. Kebiasaan ini tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain seperti Malaysia, Turki, Bangladesh, Arab Saudi, dan beberapa negara lainnya.

Selain mudik ternyata masih ada banyak lagi tradisi lebaran di berbagai negara di dunia. Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Arab Saudi

Negara ini memiliki tradisi yang sangat khas pada saat Lebaran. Masyarakat akan menyebarkan gula-gula kepada anak-anak sebagai simbol kegembiraan pada momen Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, pada hari pertama Lebaran, umat Muslim di Arab Saudi juga melakukan salat Idul Fitri di Masjidil Haram yang berada di kota Makkah.

Mengutip dari Arab News, masyarakat Arab Saudi juga akan mendekorasi rumah, mengenakan pakaian terbaiknya, dan bercengkerama dengan keluarga.

Beragam makanan manis seperti kurma, cokelat, mamool, tersaji selama perayaan Idul Fitri untuk menyambut tamu yang berkunjung.

2. Malaysia

Serupa dengan perayaan lebaran di Indonesia, masyarakat Malaysia akan melakukan mudik dan mengunjungi keluarganya di kampung halaman.

Untuk menyambut lebaran, masyarakat akan membersihkan rumah, mendekorasinya, dan memasak makanan khas Lebaran seperti rendang, ketupat, dan kuah kacang.

Mereka juga akan meminta maaf kepada orang tua dan keluarga mulai malam takbiran sebelum Lebaran.

Selain itu, masyarakat Malaysia juga akan menggunakan baju Melayu dan baju kurung, yang merupakan pakaian khas negara itu.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut