get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut 5 Tips agar Puasa Produktif dan Tetap Fokus saat Bekerja 

Kamis, 23 Maret 2023 | 18:52 WIB
header img
Tetap produktif dan fokus saat kerja (Foto: Aboutislam)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dalam jangka waktu Ramadan yang berlangsung selama satu bulan, umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa. Salah satu tantangan utama dalam menjalankan puasa Ramadan adalah menahan rasa lapar dan haus.

Terlebih, Anda diharuskan tetap menjalankan aktivitas pekerjaan selama bulan puasa. Menjaga fokus dan konsentrasi ketika perut kosong dan waktu tidur berkurang bisa menjadi sangat sulit. Akibatnya, produktivitas kerja dapat terpengaruh.

Berikut beberapa tips agar Anda tetap dapat menjaga fokus dan produktivitas selama bulan suci Ramadan, dinukil dari Productive Muslim:

1.    Perhatikan asupan makanan

Apa yang Anda makan saat sahur dan berbuka akan memengaruhi tingkat energi sepanjang bulan suci Ramadan. Tubuh perlu asupan karbohidrat, protein, buah-buahan, dan sayuran, dalam jumlah yang seimbang. Pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidat, terutama saat sahur.

Ketika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga Anda akan cepat merasa lelah. Usahakan mengonsumsi makanan dengan porsi seimbang dan jika dibutuhkan, minum multivitamin sebelum sahur.

2. Manfaatkan waktu istirahat

Di hari biasa, waktu istirahat biasa digunakan untuk makan. Namun, di bulan puasa, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak. Anda juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya seperti membaca Alquran di waktu istirahat guna menjaga fokus saat bekerja.

3. Bersikap positif

Sikap dan pikiran positif sangat penting selama bulan suci Ramadan. Jika Anda berpikir pekerjaaan akan terasa berat saat berpuasa, maka bisa saja tugas berat menanti di tempat kerja. Membaca ayat suci Alquran sebelum mulai bekerja dapat membantu Anda agar tetap berpikir positif selama bekerja. Atau ucapkan ‘Bismillah’ sebelum memulai kerja agar Allah SWT meridhoi pekerjaan sepanjang hari.

4. Ambil jeda 5-10 menit

Disarankan untuk mengambil waktu istirahat selama 5-10 menit untuk bersantai atau membaca Alquran. Anda juga dapat melakukannya saat menunaikan salat lima waktu, terutama pada saat salat dzuhur dan ashar.

5. Rencanakan pekerjaan dengan baik

Umumnya, perusahaan memberikan waktu fleksibel atau izin selama bulan puasa. Hindari menunda atau menumpuk pekerjaan sehingga Anda terbagi perhatiannya untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Sebaiknya selesaikan satu demi satu agar Anda bisa mendapatkan waktu santai sedikit.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut